Akibat Kelebihan Tonase, Roda Truk Lepas di Jalan Sudirman Ciamis

Salah satu roda mobil truk pengangkut pasir lepas saat melintas di Jalan Jenderal Sudirman, Ciamis, Rabu (04/09/2014) sore. Diduga kejadian ini akibat truk kelebihan tonase muatan. Foto: Heri Herdianto/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sebuah truk pengangkut pasir nyaris mengalami kecelakaan setelah salah satu roda mobil itu tiba-tiba lepas, saat melintas di Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya di Lingkungan Kota Kulon, Kelurahan Ciamis, Kecamatan/Kabupaten Ciamis, Rabu (04/09/2014) sore.

Lepasnya roda truk tersebut diduga akibat kelebihan tonase muatan. Beruntung saat roda truk tersebut lepas, tidak ada kendaraan di depannya, sehingga kejadian ini tidak menimbulkan kecelakaan massal.

Sopir truk, Ate Rusnandar, mengatakan, dirinya dari Tasikmalaya khendak mengirim pasir ke daerah Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis. Namun, saat melintas di Jalan Jenderal Sudirman Ciamis, tiba- tiba roda belakang mobil yang berada di sebelah kanan lepas. “Saya juga kaget kenapa tiba- tiba ban mobil sudah ada di depan,” ujarnya, kepada HR, usai kejadian.

Untuk menghindari truknya terbalik, lanjut Ate, dirinya langsung turun dari mobil dan segera memasang kayu balok untuk menahan beban muatan. “Saya juga aneh, kenapa roda belakang bisa lepas begini. Padahal, sebelum berangkat, saya cek dulu kondisi mobil dan waktu itu tidak ada tanda-tanda mengalami masalah,” pungkasnya. (Her/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA