Bendungan Langkob di Pangandaran Alami Kekeringan

Bendungan Langkob di wilayah Desa Bangunkarya, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran alami pendangkalan. Photo : Asep Kartiwa/ HR

Langkaplancar, (harapanrakyat.com),-

Bendungan Langkob yang terdapat di wilayah Desa Bangunkarya, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, mengalami pendangkalan dan kekeringan. Kondisi tersebut mengancam area pesawahan dan kolam milik warga.

Andi (32), warga Bangunkarya, Minggu (21/9/2014), mengungkapkan, beberapa tahun ke belakang, meski musim kemarau melanda selama tiga bulan, tapi warga tidak pernah kekurangan air. Salah satunya karena ada Bendungan Langkob. Sekarang, kata dia, baru kemarau satu bulan saja warga sudah kesulitan mendapatkan air.

“Sekarang warga sudah tidak lagi bisa mengairi sawah,” katanya.

Menurut Andi, 8 tahun silam, Bendungan Langkob memiliki kedalaman lebih dari 8 meter. Bahkan, ikan mas yang terdapat di dalamnya bisa mencapai 20 kilogram. Namun sekarang, jangankan ikan mas, airnya pun sudah tidak ada.

Komar (42), warga Bagunkarya, menambahkan, Bendungan Langkob ketika masih bisa menampung air, dapat mengairi sekitar 300 hektar sawah dan puluhan hektar kolam ikan.

Wilayah yang bergantung ke bendungan itu antara lain Dusun Tenjosari, Dusun Banjarsari, Dusun Selakambang, Banjarsari, Desa Selasari, Parigi dan Dusun Mekar Mulya, Bangunkarya, Langkaplancar. (Askar/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA