Di Banjar, Lahan Kebun Jadi Tempat Pembuangan Sampah

Sampah-sampah terlihat berserakan di salah satu lahan kebun yang ada di Jl. Pengairan, Kel/Kec. Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat. Photo: Eva Latifah/HR.  

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Masih rendahnya kesadaran masyarakat Banjar terhadap kebersihan lingkungan, sebuah lahan kebun yang ada di Jl. Pengairan, Kel/Kec. Pataruman, Kota Banjar, menjadi tempat pembuangan sampah. Namun, belum diketahui secara pasti warga dari daerah mana saja yang membuang sampah ke lokasi tersebut.

Patimah (30), salah seorang warga sekitar, menyebutkan, sampah yang berserakan di lahan kebun itu memang sudah terlihat lama. Kemungkinan sampah-sampah itu dibuang warga saat malam hari.

“Tapi saya yakin bukan dibuang oleh warga sini, karena kalau di lingkungan sini suka ada petugas penarik sampah setiap satu minggu dua kali. Jadi tidak mungkin ada yang membuang sampah ke kebun,” tuturnya, saat dijumpai HR di sekitar kebun tempat pembuangan sampah, Senin (22/09/2014).

Menurut dia, memang sampah-sampah yang berserakan di tempat itu terkadang menimbulkan bau tak sedap, meskipun lokasinya tidak begitu dekat dengan rumah warga.

“Walaupun kebun itu lokasinya ada di pinggir jalan, tapi baunya bisa sampai ke lingkungan, mungkin karena tertiup angin. Apalagi kalau habis hujan, baunya cukup menyengat,” ujar Patimah.

Hal serupa diungkapkan Mulyono (41), warga lainnya. Menurut dia, selain menimbulkan bau tak sedap, sampah yang berserakan di lokasi kebun juga terlihat sareukseuk.

“Lihat saja sampah berserakan. Kalau dibiarkan, lama-lama pasti makin numpuk. Sekarang bagaimana solusinya agar lokasi itu tidak lagi dijadikan tempat pembuangan sampah. Saya berharap kepada pihak pemerintah memberikan solusinya,” kata Mulyono. (Eva/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA