Di Ciamis, Kerugian Akibat Bencana Rp 65 Miliar

Photo Ilustrasi

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis melansir data kerugian akibat nencana alam dan non alam yang terjadi sepanjang tahun 2014. Terhitung sampai Bulan Agustus 2014, Data itu menyebutkan kerugian akibat bencana mencapai Rp 65.652.856.284, dengan rincian kejadian, 202 bencana alam dan 47 bencana non alam.

Beberapa bencana yang terjadi di Kabupaten Ciamis sepanjang tahun ini, diantaranya seperti banjir, tanah longsor, angin puting beliung dan gempa Bumi. Sedangkan bencana non alam yaitu kebakaran.

Pelaksana Kepala BPBD Kabupaten Ciamis, Drs. Dicki Erwin J M.Si., melalui Kabid Darurat dan Logistik, Marsono S.H, Senin (29/9/2014) mengatakan, total bencana dalam kurun waktu sampai dengan Agustus 2014 mencapai 249 kali.

”Bencana alam jauh lebih banyak ketimbang bencana non alam. Dari seluruh bencana ini juga sampai mengakibatkan satu orang meninggal dan 2 orang lainnya mengalami luka,” ujarnya.

Marsono menuturkan, pihaknya selama ini terus berupaya memberikan sosialisasi tentang tata cara mengantisipasi dan menghadapi adanya bencana. Dia meyakini, sosialisasi tersebut sangat bermanfaat.

Bukan hanya sosialisasi, kata Marsono, pihaknya juga mengaku sudah mengadakan pelatihan, melibatkan aparatur desa, terutama aparatur dari wilayah yang sering terkena bencana. Tujuan kegiatannya, yakni untuk mengurangi angka resiko bencana.

Menurut Marsono, pihaknya masih memiliki kendala minimnya personil untuk memperlancar kegiatan penanganan bencana di lapangan. BPBD memerlukan tambahan jumlah pegawai agar pekerjaan yang diagendakan BPBD berjalan optimal.

”Walaupun masih ada keterbatasan kuantitas pegawai, selama ini kami masih bisa mengatasinya. Tentunya kami juga bekerjasama dengan masyarakat TNI, Polri ketika ada peristiwa bencana,” pungkasnya. (dsw/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar