“Festival Jala” Destinasi Wisata Baru di Pangandaran

Penjabat Bupati Pangandaran, Endjang Naffandi, saat hadir di acara Festival Jala, di RT 10 RW 03, Dusun Cogekan, Desa Kertajaya, Kecamatan Mangunjaya, Kabupaten Pangandaran, Minggu (28/9/2014). Foto: Entang Saeful Rachman/HR

Mangunjaya, (harapanrakyat.com),-

Sedikitnya 300 peserta dari berbagai daerah meramaikan fastival jala yang diselengarakan oleh Karang Taruna Desa Kertajaya, bertempat di RT 10 RW 03, Dusun Cogekan, Desa Kertajaya, Kecamatan Mangunjaya, Kabupaten Pangandaran, Minggu (28/9/2014).

Kepala Desa Kertajaya, Daryo Sutikno, Minggu (8/9/2014), mengatakan, luas kolam yang dipergunakan untuk festival jala kali ini seluas 1,5 hektare. Sedangkan ikan yang ditanam sebanyak delapan kwintal lebih, ditambah ikan sisa festival jala sebelumnya.

Di tempat yang sama, Yono, peserta dari Kabupaten Cilacap, mengatakan bahwa ia sengaja datang ke Cogekan karena hobi menjala ikan. Yono  mengaku, setiap ada festival jala ikan, dia pasti ikut aktif meramaikannya.

Acara festival jala Cogekan juga dihadiri dan dibuka langsung oleh Penjabat Bupati Pangandaran, Endjang Naffandi. Menurut Endjang, Cogekan mesti memiliki ciri khas tersendiri yang lebih tepatnya cobek ikan. Kendati demikian Endjang menilai bahwa Cogekan sangat berpotensi untuk pengembangan destinasi pariwisata Kabupaten Pangandaran di masa yang akan datang.

Endjang menuturkan, merujuk ke arah destinasi wisata, Cogekan mesti dibenahi dan ditata terlebih dahulu. Hal itu dimaksudkan untuk menarik minat pengunjung. Jadi mesti banyak dipublikasikan agar masyarakat banyak mengetahuinya.

Sementara itu, Camat Mangunjaya, Pakih, mengatakan, Cogekan akan dibenahi, khususnya tanggul sisi kolam. Sebab, jika musim penghujan tiba, air dari kolam Kalimati Cogekan meluber ke sawah milik warga.

“Penanggulan dan penataan akan diutamakan. Kedepan, Cogekan akan dibikin arena mancing mania dan tempat rekreasi keluarga. Kita akan usulkan semuanya itu ke Pemkab Pangandaran,” pungkasnya. (ntang/R4/HR-Online )

KOMENTAR ANDA