Jumlah Mahasiswa Baru PJKR Unigal Ciamis Meningkat

10/09/2014
Jumlah Mahasiswa Baru PJKR Unigal Ciamis Meningkat

Dua ratus mahasiswa baru PJKR sedang mengikuti arahan dari unsur Pimpinan Prodi PJKR FKIP Unigal, Sabtu (6/9/2014). Photo : Deni Supendi/ HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Galuh (Unigal) Ciamis, bersyukur jumlah mahasiswa baru tahun akademik 2014-2015 mengalami peningkatan.

“Dibandingkan tahun sebelumnya, jumlah mahasiswa baru kali ini mengalami peningkatan,” kata Nana Sutisna, M.Pd, Ketua Prodi PJKR, Sabtu (6/9/2014), usai menggelar pertemuan dengan para mahasiswa baru.

Nana mengungkapkan, pada tahun akademik sebelumnya, jumlah mahasiswa baru PJKR hanya mencapai 160 orang. Sedangkan pada tahun akademik kali ini, jumlah mahasiswa baru yang sudah melakukan registrasi mencapai 200 orang.

“Masih ada peluang bertambah. Soalnya pihak Unigal masih membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) gelombang ketiga,” ucapnya.

Kepada mahasiswa baru PJKR, Nana mengaku sudah memberikan motivasi berupa peluang beasiswa pendidikan yang terdapat selama menjalani pendidikan atau perkuliahan, begitu juga peluang pasca lulus dari Prodi PJKR.

“Peluang lulusan PJKR bukan hanya PNS, tapi banyak lagi peluang lainnya yang lebih menjanjikan. Misalnya menjadi pelatih atau instruktur,” katanya.

Dalam kesempatan pertemuan tersebut, Nana juga meminta kepada mahasiswa baru PKJR untuk mau terlibat secara langsung dalam dunia keolahragaan di tingkatan lokal, regional dan bahkan nasional.

“Kedepannya, semua mahasiswa PJKR diproyeksikan untuk berperan aktif dalam dunia keolahragaan. Untuk itu, kami menghimbau kepada semua mahasiswa PJKR, termasuk mahasiswa baru, untuk terjun dan terlibat secara langsung di dunia keolahragaan yang ada di tengah masyarakat,” ungkapnya.

Nana juga bersyukur, peningkatan jumlah mahasiswa PJKR pada tahun akademik kali ini, menjadi salah satu indikasi atau bukti adanya peningkatan kepercayaan dari masyarakat terhadap Program studi yang dipimpinnya.

Mahasiwa Baru PJKR Wajib Ikuti ‘Matrikulasi’

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Program Studi PJKR, Andang Rohendi, S.Pd,M.Pd, Sabtu (6/9/2014), menegaskan, bahwa semua mahasiswa baru PJKR harus mengikuti kegiatan ‘matrikulasi’ yang akan digelar pihak Prodi, pada hari Sabtu (13/9/2014) mendatang.

“Ini tahapan yang wajib dilalui mereka (mahasiswa baru), sebelum mereka memasuki perkuliahan,” katanya.

Andang menjelaskan, pada tahapan ‘matrikulasi’ tersebut, pihaknya akan melakukan serangkaian ujian bagi mahasiswa baru, meliputi ujian fisik dan mental. Hal itu ditujukan untuk mengetahui secara pasti potensi dan kelemahan yang dimiliki mahasiswa baru.

“Bila potensi dan kelemahan mahasiswa baru sudah teridentifikasi, baik fisik ataupun mental, kami (prodi) akan membuat catatan-catatan mengenai individu mahasiswa baru. Catatan-catatan hasil matrikulasi tersebut akan menjadi dasar untuk mengarahkan pembinaan individu mahasiswa baru yang bersangkutan,” katanya.

Setelah tahapan matrikulasi, kata Andang, mahasiswa baru selanjutnya akan mengikuti kegiatan Orientasi Bimbingan (ORBIM) mahasiswa baru yang diselenggarakan atas kerjasama pihak Prodi dengan Himpunan Mahasiswa PJKR.

“Melalui kegiatan ORBIM ini, mahasiswa baru secara resmi dilantik dan dikukuhkan sebagai bagian dari keluarga besar mahasiswa Prodi PJKR,” pungkasnya. (deni/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles