Kemarau, Tanam Palawija tak Surutkan Kocek Petani Banjarsari

Sejumlah petani di Banjarsari memasuki musim kemarau, menanami areal persawahannya dengan sayuran. Selain waktu tanam singkat, alternatif tersebut dapat membantu penghasilan mereka.

Foto : Ntang Sr/HR

Banjarsari, (harapanrakyat.com),-

Bagi petani yang memiliki areal pesawahan tadah hujan di Kec. Banjarsari, Kab. Ciamis, memasuki musim kemarau mereka masih bisa memanfaatkan areal pertanian mereka dengan beralih menanam sayuran. Selain masa tanam singkat, mampu menghasilkan pendapatan yang lumayan.

Seperti dilakukan petani di Blok Kedungkendal, Desa Sindangsari, Kec. Banjarsari, Kab. Ciamis, yang sudah menanam palawija saat musim panen terakhir. “Dua bulan sebelum panen saya sudah tanam cabe. Jadi usai panen padi, kini bersiap memanen cabe. Inilah manfaat menanam palawija jelang kemarau,” ucap Maman Suryaman, Rabu, (17/06/2014).

Lain halnya dengan Rasdi, yang memanfaatkan areal pesawahan tadah hujannya, dengan menanam berbagai sayuran seperti kangkung, mentimun dan lainnya.

“Untuk memenuhi keterbutuhan air bagi tanaman sayuran, saya harus membuat 3 sumur buatan, dan Alhamdulillah berjalan baik,” katanya.

Meski begitu, Maman dan Rasdi berharap pihak Pemkab Ciamis segera tanggap menangani kekeringan yang semakin melanda desanya. Terutama akan keterbutuhan air bersih bagi kebuthan warga setempat. (Ntang Sr/R1/HR-Online)

KOMENTAR ANDA