Kepala Desa Minta Pemkot Banjar Bedah UU Desa

Foto : Ilustrasi

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Dengan akan diterimanya bantuan dana mencapai miliaran rupiah dari APBN pada tahun 2015 mendatang, sejumlah kepala desa di Kota Banjar menginginkan digelarnya acara bedah Undang-Undang (UU) Desa No 6 tahun 2014.

Bedah UU Desa sangat perlu dilakukan untuk menambah wawasan para Kepala Desa (Kades), untuk menghindari terjadinya kesalahan pemahaman, serta mendapatkan berbagai masukan, dan saran dari komponen masyarakat mengenai pelaksanaan UU tersebut.

Demikian dikatakan Lurah Muktisari, Jajat Sudrajat, S.Sos., M.Si., saat mengikuti arisan bulanan Kades se-Kota Banjar, Kamis (04/09/2014), di rumah Kades Waringinsari Kec. Langensari, Kota Banjar, Misbahudin, dan dihadiri Kepala Kantor Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintah Desa, Kesatuan Bangsa dan Politik (KPMPDKBPol) Kota Banjar, Wawan Gunawan, SP., M.Si., didampingi Kasi. Pemerintahan Desa, Krisdianto.

“Walau kami di kelurahan tidak akan menerima dana yang disesuaikan UU itu, tapi saya ingin mengetahuinya lebih jelas. Terutama bagi Kades sangat penting untuk dipahami, agar nantinya memahami betul kebijakan dalam UU tersebut. Kita mendorong kepada Pemkot Banjar untuk memfasilitasi acara bedah UU Desa dilaksanakan,” kata Jajat.

Pendapat serupa diungkapkan Kades Sinartanjung, Kec. Pataruman, Suwarman. Bahkan, dirinya meminta penjelasan dari beberapa pasal yang terkandung dalam UU Desa.

Saat ditemui HR, Kepala KPMPDKBPol, Wawan Gunawan, SP., M.Si., mengaku setuju dengan keinginan para kades yang meminta digelarnya acara bedah UU Desa. “Dalam acara arisan itu, kami juga sekaligus membicarakan dan memberikan arahan seputar UU Desa kepada para kades,” ujarnya.

Menurut Wawan, kini pembahasan tersebut sudah mulai gencar dilakukan pihaknya. Mulai dari rapat intern pemangku kebijakan Pemkot Banjar, sampai rapat koordinasi (rakor) yang diikuti seluruh kades.

Kedepan, hal ini akan terus dilakukan agar semua pihak siap ketika UU Desa mulai diterapkan, terutama para Kades yang akan menerima bantuan. “Begitupula pada saatnya nanti Pemkot Banjar, dan para Kades siap melaksanakannya sesuai aturan,” kata Wawan. (Nanang S/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar