Kerugian Akibat Bentrok Suporter di Stadion Galuh Ciamis Capai Rp. 39 Juta

Pecahan kaca mobil, keramik dan batu bertebaran di rumput lapangan Stadion Galuh Ciamis, pasca terjadinya kericuhan yang berujung bentrok antar suporter saat PSGC Ciamis menjamu Persis Solo, Selasa (16/09/2014) lalu. Foto: Subagja Hamara/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Kebersihan Kabupaten Ciamis sudah melakukan penghitungan kerugian fasilitas stadion akibat terjadinya kericuhan yang berujung bentrok antar suporter saat PSGC Ciamis menjamu Persis Solo, pada babak 16 besar Divisi Utama, di Stadion Galuh Ciamis, Selasa (16/09/2014) lalu.

Dari perhitungan secara teknis, diketahui kerugian materil akibat insiden tersebut mencapai Rp. 39 juta. Kerugian itu dihitung dari kerusakan keramik di bangku penonton tribun timur dan fasilitas lainnya yang mengalami hal serupa.

“Paling besar kerugian akibat kerusakan pada keramik di bangku penonton. Ada juga beberapa fasilitas lainnya seperti pagar pembatas, rumput lapangan dan fasilitas di tribun VIP yang sama rusak, tetapi tidak terlalu parah,” kata Kabid Permukian dan Perumahan Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Kebersihan Ciamis, Agus Komara, kepada HR, Kamis (18/09/2014).

Terkait pecahan kaca mobil dan keramik yang bertebaran di rumput lapangan, Agus mengatakan, pihaknya sudah menerjunkan petugas kebersihan yang dibantu masyarakat dan PNS untuk membersihkan pecahan tersebut. Namun, kata dia, perlu kembali dilakukan pengecekan sebelum lapangan dipergunakan kembali untuk pertandingan sepakbola.

“Kita juga sudah menggunakan facum cleaner (penyedot debu) saat membersihkan pecahan kaca dan keramik di rumput lapangan. Namun, kami belum berani memastikan apakah rumput lapangan sudah bersih dari pecahan kaca, karena perlu dilakukan pengecekan ulang,” ujarnya.

Pihaknya, lanjut Agus, pada hari Jum’at (19/09/2014), akan kembali menerjunkan petugas kebersihan untuk mengecek kondisi lapangan apakah sudah bersih dari pecahan kaca dan keramik. “ Besok Jum’at (hari ini) kita akan cek lagi ke lapangan,” pungkasnya.

Seperti diketahui, saat bentrok antar superter tersebut, terjadi aksi pengrusakan di tribun timur yang dilakukan oleh suporter Persis Solo. Mereka merusak keramik yang berada di bangku panonton.

Kemudian pecahan keramik tersebut dijadikan senjata untuk melempar kerumunan suporter Ciamis yang barada di tribun selatan. Mereka pun melemparkan pecahan keramik ke lapangan sepakbola saat pertandingan baru berakhir.

Sementara terkait pecahan kaca mobil yang bertebaran di rumput lapangan, terjadi setelah belasan mobil milik suporter Persis Solo yang terparkir di halaman Gedung GGT dirusak oleh suporter Ciamis.

Untuk menghindari kerusakan kendaraan yang lebih parah, kemudian pihak kepolisian mengevakuasi belasan mobil tersebut ke dalam stadion.

Entah kronologis seperti apa, pecahan kaca mobil sudah tampak berserakan di rumput lapangan ketika ratusan suporter Persis Solo yang menggunakan belasan mobil yang dirusak itu meninggalkan Stadion Galuh pada saat situasi keamanan di luar stadion sudah terkendali. (Bgj/R2/HR-Online)

Baca Berita Terkait:

Diwarnai Keributan Suporter, PSGC Ciamis Ditahan Persis 1-1

Bentrok Antar Suporter Pecah Usai Laga PSGC Ciamis Kontra Persis Solo

Bus Suporter Persis Solo Alami Kecelakaan Saat Bentrok di Ciamis

17 Mobil Suporter Persis Solo Dirusak Pasca Bentrok di Ciamis

Usai Bentrok, Suporter Persis Solo Mengamuk di Jalur Ciamis- Banjar

Ini Penyebab Bentrok Antara Suporter PSGC Ciamis dengan Persis Solo

Balad Galuh Ciamis Sesalkan Insiden Bentrok dengan Suporter Persis Solo

KOMENTAR ANDA