Kompepar Canangkan Bangun Camping Ground di Situs Karangkamulyan Ciamis

24/09/2014
Kompepar Canangkan Bangun Camping Ground di Situs Karangkamulyan Ciamis

Objek Wisata Situs Budaya Karangkamulyan, di Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis. Foto: Net

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Galuh Ciungwanara, Karangkamulyan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mencanangkan pengembangan objek, sarana dan fasilitas pariwisata di kawasan Objek Wisata Budaya Ciungwanara Karangkamulyan.

Saat ditemui HR, Ketua Kompepar Galuh Ciungwanara, Andang Rohendi, S.Pd.,M.Pd, Sabtu (13/9/2014), mengatakan, fasilitas yang disediakan oleh alam di kawasan Situs Purbakala Karangkamulyan sebetulnya cukup lengkap.

Namun demikian, kata Andang, perlu ada upaya dan keterlibatan dari semua pihak, termasuk dari pemerintah, dalam mengembangkan potensi wisata yang diproyeksikan untuk menarik angka kunjungan wisatawan ke kawasan Situs Purbakala.

Andang menjelaskan, tentunya Kompepar Galuh Ciungwanara sebagai ujung tombak penggerak kepariwistaan di kawasan Situs Purbakala Karangkamulyan, akan terus berupaya mewujudkan pengembangan potensi wisata yang dimiliki kawasan tersebut.

“Salah satu pengembangan yang sudah dicanangkan Kompepar Galuh Ciungwanara yakni penyediaan fasiltas camping ground atau bumi perkemahan. Lokasinya berada di dalam kawasan tersebut,” katanya.

Diakui Andang, pihaknya sudah menyusun rencana detail pengembangan kawasan wisata Situs Purbakala Karangkamulyan. Bahkan tidak hanya itu, pihaknya juga sudah mencoba mensosialisasikannya kepada masyarakat, pemerintah daerah, pemerintah propinsi dan pusat.

“Setiap ada kesempatan, kami selalu sampaikan (sounding) mengenai potensi pengembangan wisata yang ada di kawasan Situs Purbakala ini,” katanya.

Kepada HR, Andang mengaku, Kompepar Galuh Ciungwanara memiliki mimpi besar, kawasan Situs Purbakala Karangkamulyan ini bisa menjadi objek wisata yang bisa diandalkan oleh Pemerintah Kabupaten Ciamis.

“Apalagi, setelah Pangandaran terpisah, wisata yang berpotensi di Ciamis adalah wisata alam. Bila didalami, kemudian diberi perhatian lebih, alam Ciamis ini sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai objek wisata alam,” tandasnya.

Setelah pengembangan potensi wisata Situs Purbakala Karangkamulyan terwujud, kemudian aktifitas kunjungan wisatawan meningkat, dengan sendirinya kesejahteraan masyarakat juga akan meningkat.

“Begitu juga potensi investasi lainnya, bisa dipastikan akan sangat menguntungkan warga sekitar,” pungkasnya. (deni/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles