Pemkab Ciamis Gandeng TP PKK Serap Aspirasi Kebutuhan Masyarakat

02/09/2014
Pemkab Ciamis Gandeng TP PKK Serap Aspirasi Kebutuhan Masyarakat

Ketua TP PKK Kabupaten Ciamis, Ny. Hj. Ai Elah Syam Arifin, bersama suami yang juga Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin. Foto: Istimewa

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Untuk mensingkronisasikan kebutuhan masyarakat dengan program yang akan digulirkan pemerintahan, Pemkab Ciamis menggandeng Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Ciamis guna dilibatkan dalam penjaringan aspirasi. Hal itu dilakukan, mengingat TP PKK memiliki jaringan organisasi dan kader hingga ke tingkat desa.

Kepala Bappeda Kabupaten Ciamis, Drs. Kusdiana, MM, mengatakan, ada empat program yang melibatkan TP PKK dalam menyerap aspirasi kebutuhan masyarakat, yakni bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi serta program penguatan dan pengamalan 4 pilar kebangsaan.

Kusdiana menambahkan, dengan dilibatkannya TP PKK dalam menjaring aspirasi masyarakat, diharapkan program pembangunan yang digulirkan Pemkab Ciamis dapat sejalan dengan kebutuhan riil masyarakat Ciamis.

“Namun, dengan adanya langkah ini, bukan berarti kita mengesampingkan penjaringan aspirasi yang ditampung melalui Musrenbang. Karena penjaringan aspirasi melalui TP PKK pun sifatnya hanya mikro atau seputar 4 program tersebut saja,” terangnya, kepada HR, usai TP PKK Kabupaten Ciamis menggelar rapat koordinasi dengan seluruh SKPD Pemkab Ciamis, di kantor Bappeda Ciamis, Selasa (26/08/2014).

Kusdiana menjelaskan, aspirasi yang dijaring oleh TP PKK, nantinya akan dikoordinasikan dengan masing-masing OPD teknis yang membidangi 4 program tersebut. “ Kita berharap dengan adanya kerjasama dengan TP PKK ini, bisa mensingkronkan antara kebutuhan masyarakat dengan program yang digulirkan Pemkab Ciamis mengenai 4 program tersebut, “ ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua TP PKK Kabupaten Ciamis, Ny. Hj. Ai Elah Syam Arifin, mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi gagasan Bappeda Ciamis yang melibatkan TP PKK dalam melakukan penjaringan aspirasi masyarakat dan membantu menyukseskan program pemerintahan di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi serta program penguatan dan pengamalan 4 pilar kebangsaan.

“Program ini merupakan gagasan Bappeda Ciamis yang mengajak kami untuk membantu menyukseskan program pemerintah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,” kata istri Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin ini.

Menurut Ai, program penjaringan aspirasi masyarakat melalui kader TP PKK sebenarnya sudah berjalan sejak lama. Namun, pihaknya akan lebih mengoptimalkan program yang sudah berjalan. “Meski kami terlibat dalam program pemerintah, tetapi anggaran dan teknisnya ada di dinas terkait. Kami hanya membantu saja, agar program pemerintahan yang berhubungan dengan masyarakat secara langsung, bisa berjalan lebih baik,” ungkapnya.

Ai menambahkan, pihaknya saat ini tengah membahas perencanaan program bersama seluruh dinas teknis yang membidangi 4 program tersebut. “ Programnya mulai digulirkan tahun 2015 mendatang. Saat ini kita baru membahas langkah dan perencanaan program bersama seluruh OPD yang terkait,” pungkasnya. (Bgj/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles