Pengelolaan Situs Budaya Langkob di Pangandaran Minta Diperjelas

Humas Perhutani, Andri, saat melakukan diskusi bersama warga, di kawasan Objek Wisata Budaya Langkob. Photo : Asep Kartiwa/ HR

Langkaplancar, (harapanrakyat.com),-

Warga Desa Bangunkarya, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, meminta Perum Perhutani memberikan bentuk detil kerjasama pengelolaan Objek Wisata Situs Budaya Langkob.

Tokoh masyarakat setempat, Wahyu, ketika ditemui HR, Sabtu (20/9/2014), mengatakan, warga mempertanyakan mekanisme kerjasama yang harus ditempuh dalam pengelolaan kawasan Situs Budaya tersebut.

Menurut wahyu, Situs Langkob itu sangat potensial untuk dikembangkan menjadi objek wisata. Alasannya karena Situs Langkob memiliki Goa Alam yang indah dan memilki nilai Budaya.

Selain itu, kata Wahyu, Situs Budaya Langkob ini memilki fungsi Konservasi (hutan Lindung), sehingga jika hutan ini dijadikan objek wisata, kedepan wilayah hutan di sekitar Langkob akan terjaga kelestariannya.

Humas Perum Perhutani, Andri, menyatakan, mekanisme kerjasama dengan pihak Perum Perhutani. Pertama, harus dilakukan pemetaan luasan wilayah yang akan dijadikan Objek wisata. Kemudian warga mengusulkannya kepada pihak Perum Perhutani.

“Nanti akan turun tim pengkaji dari Pihak Perum Perhutani, untuk menguji kelayakan wilayah tersebut. kalau menurut tim pengkaji itu layak, maka akan dibuat semacam kesepakan antara pengelola dengan pihak Perum Perhutani,” pungkasnya. (Askar/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA