Petani di Ciamis Rugi, Tanaman Kacang Digasak Kawanan Monyet

Foto: Ilustrasi

Ciamis, (harapanarkyat.com),-

Area tanaman kacang tanah milik petani, di Gunung Gadung, Desa Cinyasag, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, digasak sekawanan monyet. Akibatnya petani kacang terpaksa mengalami gagal panen.

Sanang, petani asal Dusun Cirikip, RT 03 RW 07, Desa Cinyasag, Senin (15/9/2014), mengatakan, tanaman kacang tanah miliknya habis digasak monyet. Padahal, dua hari sebelumnya, dia berencana memanen kacang tanah tersebut.

“Pada saat mau dipanen, tanaman kacang sudah dalam keadaan acak-acakan,” katanya.

Melihat keadaan seperti itu, Sanang mengaku tidak bisa berbuat apa-apa. Terlebih saat itu kawanan monyet masih berada di lokasi. Dia memprediksi, masa panen kacang tahun ini dapat dipastikan petani kacang merugi.

“Tanaman di ladang digasak monyet, sedangkan tanaman padi diserang hama tikus. Meski petani sudah berupaya dengan berbagai cara, hama monyet maupun tikus tetap saja tidak bisa diatasi,” kata Sanang.

Nani, petani lainnya, mengatakan, tanaman kacang tanah yang berada di Gunung Gadung tumbuh dengan subur. Diapun mengaku sempat tertarik untuk mengikuti jejak Sanang, menanam kacang tanah.

Namun, setelah mengetahui hama monyet menggasaknya, Nani mengurungkan niat untuk menanam kacang. Menurut Nani, serangan hama monyet diperkirakan berlangsung dalam dua hari. Sebab, dua hari sebelumnya kedaan tanaman kacang masih dalam kondisi baik. (dji/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar