Tiga Sungai di Ciamis Bisa Dijadikan Arena Arung Jeram

Aktifitas CAT saat menggelar latihan arung jeram di Sungai Cimuntur, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Photo : Dok. CAT/ HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Struktur alam di wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ternyata menyuguhkan potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya potensi wisata adventure (petualangan) arung jeram atau rafting. Ada tiga titik sungai di Kabupaten Ciamis yang bisa dijadikan areal wisata petualangan arung jeram ini.

“Sungai Citanduy, Cileueur dan Cimuntur. Tiga sungai ini bisa dijadikan arena untuk wisata petualangan arung jeram,” ungkap Andang Rohendi, Praktisi Arung Jeram dari Ciungwanara Adventure Training (CAT), Sabtu (13/9/2014).

Andang mengungkapkan, saat ini pihaknya sedang mencoba merintis obyek wisata petualangan arung jeram di Kabupaten Ciamis. Menurut dia, wisata petualangan ini akan menjadi alternatif wisata pilihan wisatawan ketika ingin berkunjung ke Kabupaten Ciamis.

Dengan suasana alam pedesaan lengkap dengan persawahan, perkebunan dan kehidupan serta keramahan masyarakat desa di sekitar sungai, membuat ketiga sungai ini dapat menjadi sumber alternatif wisata.

Kepada HR, Andang menceritakan, sebagai seorang penggemar olahraga petualangan, dirinya dengan sejumlah tim pecinta arung jeram, sebetulnya sudah sejak lama memiliki keinginan untuk mengenalkan olahraga yang cukup memacu adrenalin tersebut kepada masyarakat.

“Kebetulan, kita sering melakukan latihan di ketiga sungai ini untuk keperluan mengahadapi even-even arung jeram. Bahkan, jangan salah, tim arung jeram yang tergabung dalam CAT ini pernah mengikuti even Kejurnas Arung Jeram,” katanya.

Pada kesempatan itu, Andang mengaku timnya sudah mengenali secara pasti situasi dan karakter ketiga sungai tersebut. Untuk pengembangan dan ketersediaan sarana-prasarana alat, pihaknya bekerjasama dengan organisasi atau Federasi Arung Jeram Indonesia. (deni/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA