UPTD Pasar Banjar Optimis, Kejar Target PAD Rp. 1,5 Miliar

Ruko Pasar Banjar. Foto: Dokumentasi HR

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Hingga akhir Agustus ini, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pasar Banjar, telah mencapai 60 persen dari target Rp. 1,5 miliar yang ditetapkan Pemerintah Kota Banjar pada tahun 2014. Target tersebut mengalami kenaikan dari tahun 2013 yang jumlahnya hanya Rp. 1,1 miliar.

Kepala Unit Pelayanan Terpadu Daerah (UPTD) Pasar Besar Banjar, Mamat Rahmat, S.STP., M.Si., mengaku optimis pihaknya bisa mencapai target PAD yang telah ditetapkan.

“Kami terus berupaya agar PAD dari Pasar banjar ini bisa tercapai 100 persen,” kata Mamat, saat ditemui HR di ruang kerjanya, Selasa (02/09/2014).

Naiknya target PAD dari retribusi pasar, lanjut dia, tidak lepas dari geliat perdagangan yang ada di pasar besar Kota Banjar. Di sini, hampir 24 jam proses perdagangan berlangsung, sehingga sangat potensial target PAD dinaikkan hingga Rp. 400 juta.

Menurutnya, tahun 2014, target PAD dari sektor retribusi mencapai Rp. 1,5 miliar diperoleh dari Pasar Banjar sebanyak Rp.1,3 miliar, dan sisanya Rp. 2 miliar dari Pasar Muktisari dan Bojongkantong.

“Besaran retribusi pasar itu terbagi dari retribusi kemanan, kebersihan dan pelayanan, dengan nominal 2.500 rpiah perhari untuk satu pedagang. Dari retribusi tersebut diperoleh rata-rata 4 juta rupiah perhari,” terangnya.

Mamat menambahkan, bila melihat proyeksi, seharusnya sampai akhir tahun 2014 bisa tercapai. “Tapi jangan lupa, kendala yang dihadapi kami adalah kesadaran pedagang dalam membayar retribusi. Dimana masih ada pedagang yang kadang mengabaikan kewajiban tersebut,” katanya.

Meski demikian, UPTD Pasar tetap berupaya mencapai target yang sudah ditetapkan. Pihaknya akan memanfaatkan waktu kurang empat bulan ini untuk mencapai target. Salah satu hal yang dilakukan yakni dengan memaksimalkan kinerja para pegawai penarik retribusi. (Nanks/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA