Puluhan Rumah di Darmacaang Ciamis Terancam Tertimbun Longsor

30/12/2014 0 Comments
Puluhan Rumah di Darmacaang Ciamis Terancam Tertimbun Longsor

Ilustrasi longsor. Foto: Ist/Net

rajades

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Selain bangunan rumah mengalami retak-retak akibat pergesaran tanah, puluhan rumah yang berada di Dusun Subang, Desa Darmacaang, Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis, pun terancam tertimbun longsor.

Pasalnya, tebing Subang Pereng, yang posisinya berada di atas permukiman warga, kini kondisi tanahnya merekah selebar satu meter dan amblas sekitar dua meter.

Menurut Kepala Desa Darmacaang, Ii Suherli, kondisi tebing saat ini sudah mengkhawatirkan. Selain tanahnya beberapa hari lalu amblas, juga terlihat pada bagian dinding tebingnya mengalami retak-retak dan merekah akibat terjadi pergerakan tanah.

“Kita khawatir tebing ini suatu waktu longsor, karena bisa dilihat kondisinya saat ini saja sudah merekah dan retak-retak. Apabila terjadi hujan deras dengan intensitas tinggi, sudah pasti tebing ini longsor,” ujarnya, kepada HR, Selasa (30/12/2014) pagi.

Melihat kondisi tebing yang sudah mengkhawatirkan, lanjut Suherli, membuat warga yang berada di bawah tebing harus mengungsi apabila terjadi hujan lebat. “ Kami juga sudah meminta warga yang masih bertahan di rumahnya agar mengosongkan rumah pada malam hari. Karena kami khawatir longsor terjadi secara tiba-tiba,” katanya.

Suherli menambahkan, ada beberapa warga yang berada di sekitar tebing yang sudah mengosongkan rumah dan mengungsi ke rumah sanak saudaranya yang aman dari bencana. “Terutama anak-anak dan lansia, sudah kita minta agar meninggalkan rumah dan mengungsi ke tempat aman,” pungkasnya. (Her/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!