Ulas Sejarah Prabu Gagak Ngampar, Dayeuhluhur Cilacap Gelar Pentas Seni

Acara pentas seni budaya dan seni modern di Rest Area Mergo, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Photo: Hermanto/HR.

_DSC0666

 

News, (harapanrakyat.com),-

Dalam rangka mengulas sejarah Prabu Gagak Ngampar, CS Production menggelar acara seni budaya dan seni modern di Rest Area Mergo, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Kegiatan yang berlangsung selama satu minggu, terhitung dari tanggal 31 Desember 2014-5 Januari 2015 ini digelar sangat meriah. Berbagai pentas seni tradisional, seperti pentas seni aneka tari tradisional, calung, reog, lomba rebana, kuda lumping, serta sejumlah kesenian tradisional lainnya.

Selain itu, berbagai produk kerajinan dan makanan olahan khas Dayeuhluhur pun ikut dipamerkan. Menurut ketua panitia kegiatan, Ratmanto (34), bahwa acra tersebut bertujuan untuk melestarikan serta memperkenalkan seni dan budaya Dayeuhluhur.

“Kegiatan seni budaya ini adalah yang pertama digelar, dan untuk kedepannya acara ini akan dijadikan kegiatan agenda tahunan,” ujarnya, kepada HR Online, Minggu (04/01/2015).

Ratmanto menyebutkan, untuk kegiatan seni tradisional diikuti perwakilan dari 14 desa se-Kecamatan Dayeuhluhur. Meskipun di wilayah Jawa Tengah, namun kegiatan seninya kental dengan seni budaya Sunda, karena wilayah Dayeuhluhur merupakan wilayah perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Kemudian, untuk pentas seni modernnya digelar festival band dan dilanjutkan acra pesta musik Reggae yang menampilkan grup band reggae asal ibu kota, seperti Andreggae (Jakarta) dan Cofee Reggae Stone (Bandung). (Hermanto/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA