Gabung ISIS, Warga Ciamis yang Ditangkap di Turki Ternyata Santri dari Pamarican

Eman Sulaeman, orang tua Muhammad Ihsan Rais, salah satu dari 16 WNI yang ditangkap oleh otoritas Turki saat akan menyebrang ke Suriah, saat ditemui di rumahnya, di Dusun Cisaar RT 10/RW 03 Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Sabtu (14/03/2015). Foto: Andri/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kabar tertangkapnya 16 Warga Negara Indonesia (WNI) di perbatasan Turki- Suriah oleh aparat keamanan dari otoritasi Turki, yang diduga mereka akan bergabung dengan organisasi ISIS (Islamic State of Iraq and Syria), ternyata 5 orang diantaranya tercatat sebagai warga Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

rumah keluarga ihsan tertutup_a 001

Seperti dilansir media online nasional, 5 warga Ciamis itu diketahui bernama Stanzah, Ifah (suami-istri) dan kedua anaknya Is dan AM. Sementara satu orang lagi yang tercatat sebagai warga Ciamis bernama Ihsan.

Hasil penelusuran HR Online, Sabtu (14/03/2015), Ihsan yang dimaksud ternyata Muhammad Ihsan Rais, warga Dusun Cisaar RT 10/RW 03 Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis. Ihsan dikenal sebagai pemuda taat beragama, karena dia seorang santri yang mengeyam pendidikan keagamaan di sejumlah pesantren di luar daerah.

Saat mengunjungi rumah Ihsan, HR Online bertemu dengan ayahnya yang bernama Eman Sulaeman (55). Saat khendak diwawancara, Eman sempat menghindar dan menolak ditanya seputar keberadaan anaknya. Namun, setelah difasilitasi oleh kepala desa setempat, akhirnya Eman mau berbicara sedikit tentang anaknya.

Kepada HR Online, Eman mengaku, kalau anaknya sudah tiga bulan pergi dari rumah untuk menuntut ilmu ke salah satu negara di Timur Tengah. “Dia pergi ke Timur Tengah untuk belajar agama,” kata Eman, yang didampingi Kepala Desa Kertahayu, Affandi, Sabtu (14/03/2015).

Sementara itu, Stanzah, Ifah (suami-istri) dan kedua anaknya Is dan AM, dikabarkan mereka berdomisili di Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis. Hingga berita ini diunggah, HR masih menelusuri identitas satu keluarga tersebut. (Andri/R2/HR-Online)

Ikuti berita selanjutnya warga Ciamis ditangkap di Turki dan berita menarik lainnya di Harapan Rakyat Online melalui akun twitter: Koran Harapan Rakyat dan fans page facebook: Harapan Rakyat Online

KOMENTAR ANDA