Polres Ciamis Pantau Lokasi yang Terindikasi Penyebaran Paham Radikal

16/03/2015 1 Comment
Polres Ciamis Pantau Lokasi yang Terindikasi Penyebaran Paham Radikal

Ilustrasi ISIS. Foto: Ist/Net

Polres Ciamis Pantau Lokasi yang Terindikasi Penyebaran Paham Radikal

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Pasca 5 warga Kabupaten Ciamis ditangkap bersama 11 Warga Negara Indonesia (WNI) lainnya di perbatasan Turki- Suriah oleh aparat keamanan otoritas Turki dan mereka diduga akan bergabung dengan kelompok ISIS (Islamic State of Iraq and Syria), membuat jajaran Polres Ciamis meningkatkan operasi gabungan rutin untuk mencegah penyebaran radikalisme di tengah masyarakat.

Kapolres Ciamis AKBP Hari Santoso melalui Kepala Satuan Sabhara Polres Ciamis, Sayudi, mengatakan, meski tidak ada tim khusus untuk menangani radikalisme, namun pihaknya intens melakukan operasi identitas di jalan raya dan patroli pengamanan.

Sayudi pun mengaku pihaknya sudah melakukan pemantauan di lokasi-lokasi yang terindikasi rawan penyebaran paham tersebut. Namun, jumlah dan titik kerawanan tersebut dirahasiakan agar tidak meresahkan masyarakat.

“Sesuai arahan dari Polda Jabar, kami hadir di tengah masyarakat untuk memberikan penerangan agar tidak terbawa paham atau gerakan radikal,” kata Sayudi, Senin (16/03/2015).

Kesiapsiagaan polisi yang ditingkatkan ini, tidak terlepas dari penangkapan warga Ciamis di Turki saat menyeberang ke Suriah, karena diduga terlibat gerakan ISIS.

Meski demikian, Sayudi berpesan agar antar warga tidak saling mencurigai.
Misalkan, kepada warga yang mengenakan pakaian baju kurung atau jubah sehari-hari, masyarakat tidak perlu curiga. Begitu juga terhadap orang-orang yang mendalami ilmu agama Islam.

“Belum tentu yang berpakaian tidak sama dengan kita berarti berseberangan paham. Yang terlibat ISIS biasanya tidak menampakkan diri secara penampilan bahwa dia ISIS,” katanya. (Bgj/R2/HR-Online)

Ikuti berita menarik lainnya di Harapan Rakyat Online melalui akun twitter: Koran Harapan Rakyat dan fans page facebook: Harapan Rakyat Online

Berita Terkait

Gabung ISIS, Warga Ciamis yang Ditangkap di Turki Ternyata Santri dari Pamarican

Dandim Pastikan 5 dari 16 WNI yang Ditangkap di Turki Benar Warga Ciamis

Ini Cerita Santri asal Ciamis Berniat Berangkat ke Suriah dan Ditangkap di Turki

Disinggung Soal ISIS, Ayah Santri Ciamis yang Ditangkap di Turki Ini Marah

Santri asal Ciamis yang Ditangkap di Turki Dikenal Pendiam dan Tertutup

Penangkapan Ihsan Dikaitkan dengan ISIS, Warga Kertahayu Ciamis Kaget

About author

Related articles

1 Comment

    Leave a Reply