Satpol PP: Masyarakat Ciamis Belum Sadar Pentingnya Ronda Malam

Ilustrasi Ronda Malam. Foto: Ist/Net

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Ciamis menilai, masyarakat Ciamis masih belum memiliki kesadaran untuk menjaga keamanan di lingkungan. Hal itu terlihat dari aktifitas di pos ronda ketika malam hari.

Satpol PP Masyarakat Ciamis Belum Sadar Pentingnya Ronda Malam

Kabid Linmas Satpol PP Ciamis, Rismunandar, ketika dihubungi HR, pekan lalu, mengatakan, selama ini masyarakat hanya mengandalkan keamanan lingkungan kepada Linmas (Pelindung Masyarakat) atau Hansip (Pertahanan Sipil).

Melihat kondisi demikian, kata Rismunandar, Satpol PP akan mengambil langkah-langkah pembinaan masyarakat, diantaranya dengan terjun ke masyarakat secara langsung untuk mensosialisasikan tentang pentingnya menjaga keamanan lingkungan dengan mengaktifkan kembali kegiatan ronda malam.

Di samping itu, Rismunandar, mengungkapkan, pihaknya akan terus melakukan pembinaan dan pelatihan bagi Linmas, khususnya mengenai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) serta tanggungjawab Linmas menjaga keamanan lingkungan dan siaga bencana.

Rismunandar mengaku, dari total 6.191 anggota Linmas, baru 30 persen diantaranya yang sudah mendapat pelatihan dan pembinaan. “Artinya, masih banyak Linmas yang belum mendapat pelatihan dan pembinaan,” katanya.

Anggota Linmas dari Desa Saguling, Udju, berharap, Satlinmas dibekali pengetahuan, kemampuan, keterampilan dan kewaspadaan dini, sebagai bekal mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana atau konflik di masyarakat. (DSW/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA