Akademisi Tuntut Kejaksaan Banjar Usut Tuntas Kasus Bansos

18/04/2015 0 Comments
Akademisi Tuntut Kejaksaan Banjar Usut Tuntas Kasus Bansos

Foto: Ilustrasi net/Ist.

Foto: Ilustrasi net/Ist.

Foto: Ilustrasi net/Ist.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Dana hibah bantuan sosial (Bansos) yang diperuntukkan bagi kelompok atau organisasi harus lebih diawasi secara ketat. Dugaan adanya pemotongan dana Bansos oleh oknum anggota DPRD, dan keterlibatan PNS di sekretariat Dewan Kota Banjar, bukti lemahnya pengawasan.

Hal itu dikatakan, Endang Rudiantara, S.Ip., akademisi dari STISIP Bina Putera Banjar. Menurutnya, apabila benar telah terjadi pemotongan dana Bansos oleh anggota Dewan, hal itu sudah sangat menyalahi aturan, dan telah melakukan pelanggaran hukum.

“Tidak ada aturan maupun perundangan yang memboleh dana Bansos dipotong oleh siapa saja. Baik anggota Dewan maupun siapa saja. Dewan justru bertugas mengawasi penyaluran dana tersebut tepat sasaran dan tepat penggunaan,” tandas Endang kepada harapanrakyat.com, Sabtu, (18/04/2015).

Atas telah ditetapkanya tersangka AM mantan anggota Dewan periode 2009-2014, dan DW staf Sekretariat Dewan, oleh Kejaksaan Negeri Banjar. Endang memandang perlunya aturan atau proses pendistribusian dana Bansos diperketat dan dipertegas.

Endang juga mendesak pihak Kejaksaan Negeri Banjar, harus berani mengusut tuntas kasus tersebut hingga ke akarnya. Supaya masyarakat mengetahui dengan terang dan jelas, siapa saja yang terlibat didalamnya.

“Pengusutan tuntas kasus Bansos, agar tidak terjadi kesalahpahaman antar anggota DPRD Kota Banjar. Dan tentunya agar dana hibah tersebut dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh kelompok penerima sesuai dengan peruntukkannya,” tukasnya.

Seperti diketahui sebelumnya, DW adalah staf secretariat DPRD Kota Banjar, dan AM mantan anggota DPRD periode 2009-20014. Kejaksaan Negeri Kota Banjar pada Kamis, (16/04/2015), menetapkan keduanya menjadi tersangka atas dugaan korupsi dana Bansos tahun anggaran 2013-2014. (Hermanto/R1/HR-Online)

Berita Terkait:

Kejari Banjar Tetapkan Dua Tersangka Kasus Bansos TA 2013-2014

Adik Tersangka Kasus Bansos Dewan Banjar Nyatakan DW Tak Terlibat

Inilah Tiga Anggota Dewan Banjar Yang Pinjam Uang Ke Tersangka DW

Kurniawan Sebut Miliki Bukti Visual Soal Kasus Bansos DPRD Banjar

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!