Bentuk BPSK, Disperindagkop Tunggu Tiga LPSK

23/04/2015 0 Comments
Bentuk BPSK, Disperindagkop Tunggu Tiga LPSK

Foto: Ilustrasi net/Ist.

Foto: Ilustrasi net/Ist.

Foto: Ilustrasi net/Ist.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Pemerintah Kota Banjar melalui Disperindagkop telah memikirkan pembentukan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK). Namun, kini Disperindagkop menunggu terbentuknya minimal tiga LPSK atau LSM yang bergerak dalam perlindungan konsumen.

“Sudah lama kami akan membentuk BPSK, namun hingga kini baru ada satu LPSK. Sementara syarat berdirinya BPSK minimal harus tiga LPSK,” jelas Kepala Disperindagkop Kota Banjar, Soni Horison, AP., S.Sos., kepada harapanrakyat.com, Senin, (20/04/2015).

Kota Banjar menurut Soni, memang telah membutuhkan adanya BPSK. Tujuannya untuk menjamin diperolehnya hak konsumen dan pelaku usaha sesuai kewajiban masing-masing pihak. Selain itu, agar menciptakan hubungan usaha yang sehat antar pelaku usaha dengan konsumen.

“Sesua dengan UU No 8 tahun 1999, tentang perlindungan konsumen, yang menegaskan setiap konsumen yang dirugikan dapat menggugat pelaku usaha diluar peradilan dan mengadukan ke BPSK,” tandasnya.

Pembentukan BPSK, menurut aktivis LSM Prabu, Debby Puspito, sangatlah penting, terutama dalam menghadapi MEA, dikarenakan akan banyak produk yang beredar.

“Kami telah berkomunikasi dan mendorong Disperindagkop kota Banjar untuk segera membentuk BPSK. Dan mereka menyambut positif, bahkan telah berkunjung ke Tasikmalaya yang telah memiliki BPSK,” tukasnya. (Nanang S/R1/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!