BNNK Ciamis: Karang Taruna Mitra Potensial untuk Bina Pemuda

30/04/2015 0 Comments
BNNK Ciamis: Karang Taruna Mitra Potensial untuk Bina Pemuda

Ilustrasi. Foto: Ist/Net

BNNK Ciamis Karang Taruna Mitra Potensial untuk Bina Pemuda

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Pengembangan kualitas, keterampilan, kepribadian serta kecakapan hidup (life skill) generasi muda tidak bisa dicapai hanya dengan mengikuti pendidikan formal. Tapi, pengembangan itu juga dapat dilakukan melalui wadah, lembaga atau organisasi, yang mempunyai komitmen terhadap nasib generasi muda.

Peran serta organisasi kepemudaan, sebagai salah satu komponen partisipasi sosial masyarakat perlu ditingkatkan dan dikembangkan. Alasannya karena organisasi kepemudaan tersebut mitra potensial pemerintah dalam upaya mengurangi dan memecahkan masalah-masalah sosial.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Ciamis, Drs. Dedy Mudyana, MM, melalui Kasie Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat, Deny Setiawan, S.Sos., M.M, di sela-sela kegiatan sosialisasi di hadapan puluhan anggota Karang Taruna Desa Karangampel, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jum`at (24/04/2015) lalu.

Deny menuturkan, pemuda memiliki peran yang sangat penting untuk membantu memecahkan masalah bangsa. Apalagi, pemuda merupakan generasi penerus bangsa Indonesia.

Lebih lanjut, Deny menuturkan, Karang Taruna merupakan organisasi lokal yang potensi sumber daya yang ada di hampir setiap desa atau kelurahan. Karang Taruna bisa menjadi tempat atau wadah untuk melakukan pembinaan terhadap generasi pemuda.

“Karang Taruna Mekar Karangampel saat ini berhasil menjadi mediator antara BNNK dan masyarakat. Kami berharap semua yang mengikuti sosialisasi, bisa berperan dalam merealisasikan. Hal itu tidak lain untuk menciptakan lingkungan masyarakat bersih dari narkoba,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Karangampel, E. Rosyidin, sekaligus Dewan Pembina Karang Taruna Mekar, mengungkapkan bahwa kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka memberikan pembinaan kepada masyarakat, khususnya generasi muda.

Menurut Rosyidin, pengenalan tentang bahaya narkoba sangatlah penting agar masyarakat tidak terjerumus pada penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. “Karena, narkoba kini menjadi ancaman kelangsungan hidup masa depan generasi bangsa,” tuturnya. (DSW/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!