Di Banjar, Penerima PKH Tahap I Berkurang 19 KSM

17/04/2015 0 Comments
Di Banjar, Penerima PKH Tahap I Berkurang 19 KSM

Salah satu KSM yang menerima pencairan dana bantuan PKH tahap I di Kantor Pos Banjar. Foto: Nanang S/HR.

Salah satu KSM yang menerima pencairan dana bantuan PKH tahap I di Kantor Pos Banjar.

Salah satu KSM yang menerima pencairan dana bantuan PKH tahap I di Kantor Pos Banjar. Foto: Nanang S/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Penerima dana Program Keluarga Harapan (PKH) tahap I tahun 2015 di Kota Banjar berkurang sebanyak 19 Keluarga Sangat Miskin (KSM). Jumlah penerima PKH tahap I ini sebanyak 1.834 KSM.

“Penyaluran dana PKH pada tahun 2014 lalu sebanyak 1.862 KSM, pada tahun ini menjadi 1.843. Jadi ada penurunan sebanyak 19 penerima,” jelas Koordinator Pendamping PKH Kota Banjar, Rahmat Dianto, kepada harapanrakyat.com, Rabu, (15/04/2015).

Adanya perubahan data penerima tersebut, lanjut Rahmat, dikarenakan pihaknya melakukan pemutakhiran data setiap triwulan. Perubahan terjadi dikarenakan KSM penerima bantuan mengalami peningkatan ekonomi.

“Atau juga karena anak dari keluarga penerima PKH telah lulus SMP, sehingga tidak masuk kriteria lagi, atau penerima pindah domisili keluar daerah,” tambah Rahmat.

Pengurangan jumlah KSM merupakan indikasi keberhasilan PKH, karena telah terjadi berkurangnya angka kemisikinan, dan terjadinya peningkatan perekonomian masyarakat.

“Jadi data penerima PKH tidak akan sama dalam setiap tahunnya, karena kami memperbaharui data dalam setiap tahunnya,” tandas Rahmat.

Pada penyaluran dana PKH tahap I tahun 2015 juga terjadi perubahan nominal uang yang diterima oleh KSM. Sebelumnya, tanggungan anak sekolah dasar mendapat Rp. 500 ribu, sekarang menjadi Rp. 450 ribu/tahun. Untuk anak SMP sebelumnya mendapat Rp. 1 juta, sekarang menjadi Rp. 750 ribu/tahun. Hanya untuk Balita tidak mengalami perubahan.

“Ketentuan perubahan tersebut, berdasarkan kebijakan pemerintah pusat melalui Kemensos, dengan mengeluarkan peraturan baru tentang PKH,” tukas Rahmat. (Nanang S/R1/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!