Dinkes Tengah Kaji Persyaratan Peningkatan Status Puskemas Pangandaran

09/04/2015 0 Comments
Dinkes Tengah Kaji Persyaratan Peningkatan Status Puskemas Pangandaran

Photo Ilustrasi/ Net

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Pemerintah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, saat ini tengah berupaya untuk meningkatkan status Puskesmas Pangandaran menjadi rumah sakit umum type D. Persyaratan berkaitan dengan peningkatan itu sekarang sedang dikaji oleh Dinas Kesehatan Pangandaran dan Provinsi Jawa Barat, termasuk soal persyaratan seumber daya manusia (SDM).

Dinkes Tengah Kaji Persyaratan Peningkatan Status Puskemas Pangandaran

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pangandaran, Dede Saeful Uyun, Selasa (07/04/2015), memperkirakan, sarana dan prasarana sistem rumah sakit umum type di tahun 2015 ini akan terwujud, tepatnya pada sekitar Bulan Juni.

Menurut Dede Saful Uyun, peningkatan status Puskesmas Pangandaran tersebut merujuk pada Peraturan Mentri Kesehatan (Permenkes) nomor 56 Tahun 2014, tentang Klasisfikasi Perijinan dan Klasifikasi Rumah Sakit, di dalamnya meliputi soal laboratorium, sarana dan prasarana, alat kesehatan dan dokter spesialis.

“Syarat minimal yang harus ada yaitu 2 dokter spesialis. Dan kita sudah bermitra dengan dokter dari RSUD Banjar. Kita dapat 2 dokter spesialis, dokter SPOG/ spesialis Kandungan dan spesialis penyakit dalam,” jelas Dede.

“Tahun 2015 ini, kita juga anggarkan sampai 3,5 milyar untuk pelayanan lain. Kita juga menyiapkan ruang pelayanan yang belum ada, yaitu tindakan penyakit dalam, ruang triase, dan ruang isolasi untuk pelayanan Gawat Darurat. Dalam hal ini, Dinkes sifatnya mengarahkan agar persyaratan yang dibutuhkan untuk meningkatkan status Puskesmas Pangandaran terpenuhi,” terang Dede. (Mad/R4/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!