Dishub & Polantas Banjar Janji Tindak Tegas Bis Masuk Jl. Kapten Jamhur

14/04/2015 0 Comments
Dishub & Polantas Banjar Janji Tindak Tegas Bis Masuk Jl. Kapten Jamhur

Awak angkutan bis yang selalu masuk ke jalan Kapten Jamhur, meski jalan tersebut terlarang bagi jalur bis. Foto: Dok HR Online.

Awak angkutan bis yang selalu masuk ke jalan Kapten Jamhur, meski jalan tersebut terlarang bagi jalur bis. Foto: Dok HR Online

Awak angkutan bis yang selalu masuk ke jalan Kapten Jamhur, meski jalan tersebut terlarang bagi jalur bis. Foto: Dok HR Online

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Meski petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjar sudah melakukan peneguran beberapa kali, namun pengemudi angkutan kendaraan besar, khususnya bis, masih saja membandel melewati Jl. Kapten Jamhur. Padahal, bis umum dari dan tujuan ke Pangandaran seharusnya melalui jalur Jl. Pamongkoran.

Walaupun telah terpampang jelas ada rambu larangan melintas untuk bis umum, tapi pihak Dishub, dalam hal ini Bidang Lalu-lintas dan Pengendalian Operasional, tidak bisa berbuat banyak, dan bahkan terkesan disepelekan oleh para awak bis tersebut.

Terbukti, setiap sore banyak bis umum selalu memasuki Jl. Kapten Jamhur. Karena jalan tersebut sempit, maka kerap membuat macet serta rawan terjadi kecelakaan. Seperti diungkapkan Ujang, warga Lingkungan Cimenyan, Kel. Mekarsari, Kec. Banjar, kepada HR, Senin (06/04/2015).

“Jalur ini bukan peruntukkannya. Seharusnya kendaraan besar seperti bis, melewati jalur Pamongkoran, kan sudah jelas ada rambu-rambunya,” kata Ujang.

Hal sama dikatakan Yayan, warga lainnya. Menurut dia, seharusnya pihak Dishub bertindak tegas dan berani menindak terhadap kendaraan besar, khususnya bus umum, yang telah menerobos rambu larangan melintas itu.

Selain membuat macet, kendaraan tersebut juga membahayakan pengguna jalan yang lain. Akibat kondisi jalannya sempit, terkadang kendaraan kecil seperti sepeda motor, kerap terpepet oleh bagian badan mobil bus.

“Pernah waktu itu ada seorang pengendara sepeda motor yang terserempet oleh bus hingga terjatuh. Apakah pihak Dishub mau nunggu sampai adanya jatuh korban jiwa, baru bertindak,” tanya Yayan.

Menanggapi adanya keluhan dari warga yang tinggal di sekitar Jl. Kapten Jamhur, Kabid. Lalu-lintas Dishub Kota Banjar, Supendi, melalui Kasi. Dalops dan Keselamatan, Adang Kurnia, mengakui, bahwa memang bis umum yang melewati jalur tersebut sudah jelas melanggar peraturan.

“Itu sudah jelas pelanggaran, dan kami akan berkoordinasi dengan pihak Polantas untuk menindak bis umum yang melanggar jalur tersebut,” ucapnya, kepada HR, saat ditemui di ruang kerjanya.

Adang juga berjanji, pihaknya akan melakukan operasi, sekaligus menilang serta menindak semua bus yang melanggar rute jalan. Namun, yang berhak melakukan penilangan terhadap pelanggaran rambu-rambu lalu-lintas adalah Polantas.

Di tempat terpisah, Kasatlantas Polresta Banjar, AKP. Taryadi, mengatakan, nanti setelah berkoordinasi dengan Dishub, pihaknya akan melakukan penindakan dan penilangan bagi kendaraan besar, khususnya bis, yang memasuki Jl. Kapten Jamhur.

“Kami akan menurunkan anggota di sana, dan kami akan menindak atau bahkan menilang kepada setiap pengemudi mobil bis yang masih membandel melanggar rambu-rambu lalu-lintas,” kata Taryadi. (Hermanto/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!