Dorong Usaha Pembangunan Masyarakat, BPMPD Ciamis Gelar Lomba Desa

06/04/2015 0 Comments
Dorong Usaha Pembangunan Masyarakat, BPMPD Ciamis Gelar Lomba Desa

Kegiatan Expose Desa yang diselenggarakan BPMPD Ciamis, di aula kantor BPMPD, Senin sampai Rabu, 30 Maret sampai 01 April 2015 lalu. Expose ini diikuti sembilan desa yang masuk nominias tahap II lomba desa, tingkat Kabupaten Ciamis. Photo Deni Supendi/ HR  

SONY DSC

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Ciamis terus berupaya mendorong usaha pembangunan masyarakat di tingkat pedesaan. Salah satu upaya itu dilakukan melalui kegiatan perlombaan desa yang diikuti seluruh pemerintahan desa se Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Kepala BPMPD Ciamis, Drs. H. Lili Romli, SH., didampingi Kabid Pemdes, Drs. Asep Sutisna, M.Si., Senin (30/03/2015), mengatakan, perlombaan desa yang diselenggarakan BPMPD merujuk pada Permendagri No 13 tahun 2007 tentang perlombaan desa dan kelurahan.

Asep menjelaskan, perlombaan desa merupakan bentuk penilaian perkembangan pembangunan atas usaha masyarakat desa yang bersangkutan dalam Kurun waktu satu tahun.
penilaian tersebut dilakukan dari mulai tingkat kecamatan sampai dengan tingkat Nasional.

Lebih lanjut, Asep menuturkan, perlombaan desa itu ditujukan sebagai salah satu upaya untuk mendorong usaha pembangunan masyarakat atas dasar tekad dan kekuatan sendiri, sekaligus meneliti dan menilai keberhasilan usaha-usaha masyarakat dalam pembangunan desa selama satu tahun.

“Secara umum tujuannya untuk mendorong usaha pembangunan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat, baik dari sisi ekonomi, politik, sosial, budaya, keamanan dan ketertiban. Selain itu, juga untuk menetapkan desa berprestasi dalam pelaksanaan pemberdayaan masyarakat,” kata Asep.

Asep menambahkan, pada minggu ini, pihaknya akan menetapkan tiga desa terunggul dari sembilan desa yang terpilih sebagai nominasi, dan dari total keseluruhan desa yang ada di wilayah Kabupaten Ciamis.

Sementara itu, kata Asep, sembilan desa yang lolos nominasi, diantaranya, Desa Ciomas Panjalu, Ciparigi Sukadana, Ciparay Cidolog, Ciherang Banjarsari, Citeureup Kawali, Sidamulya Cisaga, Sukajaya Rajadesa, Panaragan Cikoneng, dan Sindangherang Panumbangan. (Deni/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!