Gedung Metrologi Segera Dibangun Disperindagkop Banjar

11/04/2015 0 Comments
Gedung Metrologi Segera Dibangun Disperindagkop Banjar

Foto: Ilustrasi net/Ist.

Foto: Ilustrasi net/Ist.

Foto: Ilustrasi net/Ist.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Berdasarkan pemberlakuan Undang-Undang Perlindungan Konsumen, yang mengharuskan setiap Kabupaten/Kota se-Indonesia pada tahun 2016 wajib memiliki gedung Metrologi untuk tugas melakukan tera dan tera ulang terhadap alat timbang. Pihak Disperindagkop Kota Banjar berencana akan membangun gedung tersebut.

“Insha Allah tahun depan kami akan membangun gedung Metrologi di area perkantoran Disperindagkop,” ucap Kasi Bina Pasar Dalam dan Luar Negeri, Neneng Widya Hastuti, kepada harapanrakyat.com, Jum’at, (10/04/2015).

Gedung Metrologi, lanjut Neneng, akan menjadi tempat atau sarana alat ukur, takar, timbang dan perlengkapan (UTTP). “Dengan demikian, untuk melaksanakan tugas tersebut, maka kami harus membentuk Unit Pelayanan Teknis UTTP, dalam rangka melindungi konsumen dan pengusaha,” tambahnya.

Kewajiban Pemda harus mempunyai sarana dan UTTP, kata Neneng, dipertegaskan kembali dengan diterbitkannya UU No 23 tahun 2014, tentang Pemerintah Daerah, atas penyempurnaan UU No 32 tahun 2009, yang dipandang perlu disempurnakan atas konsekuensinya terhadap standarisasi dan perlindungan konsumen.

“Dengan begitu, Pemda harus memberikan pelayanan tera ulang. Bertujuan agar kabupaten/kota memiliki UPTD. Apabila tidak memiliki, maka daerah tersebut tidak memiliki kewenangan untuk melakukan tera dan tera ulang,” tandasnya. (Nanang S/R1/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!