Guru Bule yang Mengajar di SMA Pangandaran Pulang Kampung ke Boston

07/04/2015 0 Comments
Guru Bule yang Mengajar di SMA Pangandaran Pulang Kampung ke Boston

Joanes Kiplyn, tenaga guru sukarelawan dari Boston, Amerika (tengah). Foto: Dokumentasi HR

KIPLIN

Berita Pagandaran, (harapanrakyat.com),-

Tidak terasa sudah satu tahun tiga bulan, Joanes Kiplyn, tenaga guru sukarelawan dari Boston, Amerika, yang ditugaskan LSM Peace Corps, mengajar di SMA Negeri 1 Pangandaran. Sedikit banyaknya, keberadaan Kiplyn membawa pengaruh positif terhadap pembelajaran siswa di SMAN 1 Pangandaran, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Inggris.  

Kepala SMAN 1 Pangandaran, Drs. Surman, ketika ditemui HR, Selasa (31/03/2015), membenarkan bahwa keberadaan Kiplin, tenaga guru sukarelawan asal Amerika tersebut memberikan pengaruh yang sangat signifikan terhadap aktifitas belajar mengajar siswa di sekolah tersebut.

Surman mengakui, Kiplyn memiliki kedisiplinan yang sangat tinggi, sangat menghormati guru yang ada di sekolah, dan mencintai siswa-siswi SMAN 1 Pangandaran. Menurut Surman, Kyplin akan pergi pulang kampung, ke Boston, Amerika, selama dua bulan.

Disamping untuk pulang kampung, kata Surman, Kiplyn juga akan mengurusi surat-surat di kedutaan Amerika untuk Indonesia di Jakarta. Termasuk mengurus visa dan surat penting lainnya di LSM Peace Cops, yang berkedudukan di Surabaya, Jawa Timur.

“Sesuai surat tugas yang diberikan Peace Corps, Kiplyn masih memiliki waktu selama 7 bulan untuk mengajar di SMAN 1 Pangandaran. Dua bulan ini Kiplyn akan pulang kampung dan mengurusi visa dan surat-surat penting,” katanya.

Kepada HR, Surman menambahkan, kepulangan Kiplyn ke kampung halamannya di Negeri Paman Sam, selain untuk berlibur, juga merupakan agenda yang sudah ditetapkan dalam juklak dan juknis dari Lembaga Peace Corps.

“Setelah kembali dari sana (Amerika), Kiplyn sudah melengkapi persyaratan dan legalitas keberadaannya di Indonesia,” ucapnya. (Ntang/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!