Ini Cara BPLH Pangandaran Cegah Erosi di Kawasan Pantai

17/04/2015 0 Comments
Ini Cara BPLH Pangandaran Cegah Erosi di Kawasan Pantai

BPLH Pangandaran saat menggelar kegiatan penanaman 1000 pohon di pesisir pantai atau di kawasan harim laut Bojongsalawe, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Kamis (16/4/2015). Foto: Madlani/HR

Ini Cara BPLH Pangandaran Cegah Erosi di Kawasan Pantai

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Badan Pengendalian Lingkungan Hidup (BPLH) Kabupaten Pangandaran menggelar kegiatan penanaman 1000 pohon di pesisir pantai atau di kawasan harim laut Bojongsalawe, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Kamis (16/4/2015). Kegiatan ini digelar dalam rangka pelestarian pantai dalam mencegah bencana abrasi.

Kepala BPLH Kabupaten Pangandaran, Surya Darma, mengatakan, kegiatan penanaman pohon ini sebagai salah satu upaya pencegahan abrasi dan pelestarian alam di lokasi objek wisata yang ada di Kabupaten Pangandaran.

“Jika tidak ada upaya pencegahan dini dengan melakukan penanaman pohon, tidak menutup kemungkinan beberapa kawasan pesisir pantai di Kabupaten Pangandaran kedepan terkena bencana abrasi,” katanya, di sela-sela kegiatan.

Selain itu, kata Surya Darma, dengan ditanam pohon produktif di sepanjang pantai setidaknya akan menciptakan udara segara bagi orang yang berada di sekitarnya. Juga upaya penanaman pohon itu bisa menghambat terjadinya banjir maupun bencana alam lainnya.

“Dalam penanaman pohon kali ini, kami menanam pohon kelapa, pohon ketapang, pohon barintonia, pohon nyamplung masing-masing 250 pohon dengan jumlah total keseluruhan 1000 pohon,” pungkasnya.

Sementara itu, Pj Bupati Pangandaran, Endjang Naffandy, dalam sambutannya mengatakan, gerakan penanaman pohon ini diharapkan menjadi agenda BPLH secara berkesinambungan, terutama dalam menghijaukan kawasan pantai. Karena upaya ini sangat efektif dalam mengantisipasi bencana alam.

“Sebagai Kabupaten wisata, saya berharap lingkungan dan alam yang ada di Kabupaten Pangandaran bisa dilestarikan dengan cara penanaman pohon seperti ini,” katanya. (Mad/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!