Karang Taruna 16 Lingkungan Tanjungsukur Banjar Giatkan Bank Sampah

15/04/2015 0 Comments
Karang Taruna 16 Lingkungan Tanjungsukur Banjar Giatkan Bank Sampah

Sejumlah anggota Karang Taruna Karya 16, tampak sedang memilah sampah rumah tangga warga di lingkungannya. Photo: Hermanto/HR.

bank sampah

 

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Karang Taruna Karya 16, Lingkungan Tanjungsukur, Kelurahan Hegarsari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat, memiliki program kegiatan membersihkan sekaligus memilah sampah. Hal itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap kebersihan lingkungan.

“Kegiatan ini sudah berjalan lama, karena kami peduli dengan kebersihan,” ujar Ketua Karang Taruna Karya 16, Agus Ramdani, kepada harapanrakyat.com, Selasa (14/04/2015).

Dia mengatakan, sampah-sampah yang dibersihkan dan dipilah itu berasal dari sampah rumah tangga yang dibuang warga, khususnya di RW 16.

Karang taruna sendiri sudah membuat sedikitnya 20 tong sampah yang tersebar di lingkungan RW 16. Tujuannya agar warga di lingkungan tersebut membuang sampah di tempat yang sudah disediakan.

“Sampah-sampah yang dikumpulkan itu dipungut dari tong sampah yang tersebar di RW 16. Kemudian setelah terkumpul, kita pilah terlebih dahulu karena ada yang dapat menghasilkan uang, seperti sampah plastik dan botol bekas. Setelah dipilah baru dibuang ke ke TPS,” tuturnya.

Dalam satu hari, paling sedikit bisa memperoleh uang sebesar Rp.5000 dari hasil penjualan sampah. Kemudian uang tersebut mereka kumpulkan, dan setelah terkumpul lalu disumbangkan kepada para guru ngaji di mesjid. “Karena di lingkungan sini ada program wajib mengaji juga,” kata Agus.

Di tempat terpisah, Ketua RW 16, Dede Rosidin, mengaku sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Karang Taruna Karya 16 itu. Menurutnya, dengan adanya kegiatan tersebut, lingkungan menjadi bersih.

“Kegiatan seperti ini saya sangat mendukung sekali. Selain lingkungan menjadi bersih, juga menghasilkan uang,” kata Dede. (Hermanto/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!