Kelompok Tani di Lumbung Ciamis Ini Rintis Usaha Penggemukan Sapi

18/04/2015 0 Comments
Kelompok Tani di Lumbung Ciamis Ini Rintis Usaha Penggemukan Sapi

Kandang sapi yang dibangun Kelompok Tani Swadaya Mandiri, diatas lahan seluas 100 bata, untuk kapasitas 150 ekor sapi telah dipersiapkan. Photo : Eji Darsono/ HR

???????????????

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kelompok Tani (Poktan) Swadaya Mandiri di Dusun Bojongpari, Desa Lumbungsari, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, memiliki keinginan kuat untuk mewujudkan usaha penggemukan sapi. Sebagai bentuk keseriusan, kelompok ini menyediakan kandang dengan kapasitas 150 ekor sapi.

Ketua Kelompok Tani Swadaya Mandiri, Yusep Robbie Nugraha, didampingi Sekretarisnya, Yulianti Sugiarti, pekan lalu, mengatakan bahwa potensi ternak sapi potong di wilayah Lumbung sangat menjanjikan.

Yulianti menjelaskan, adanya rasa optimis untuk mengembangkan usaha penggemukan sapi, disebabkan karena kebutuhan daging dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan.

“Terlebih selama ini, sebagian besar usaha ternak sapi maish dilakukan oleh petani atau peternak dengan usaha skala kecil, sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan konsumsi. Hanya saja, keinginan itu belum dapat diwujudkan lantaran terkendala modal,” katanya.

Yoyo, anggota Kelompok Tani Swadaya Mandiri, membenarkan, pihaknya sudah membangun kandang diatas lahan seluas 100 bata dengan kapasitas kandang mampu menampung 150 ekor sapi. Selain itu, pihaknya juga menyediakan lahan untuk pakan rumput seluas 1 hektar.

“Biaya pembangunan kandang dan ladang rumput menghabiskan dana sekitar Rp 200 juta. Bahkan, lahan untuk pengolahan kotoran atau limbah juga sudah dipersiapkan,” katanya.

Anggota yang enggan disebutkan namanya, menambahkan, bangunan kandang sapi milik kelompok saat ini masih kosong. Meski begitu, pengurus dan anggota siap memberikan jaminan kepada perbankan untuk mendapat program Kredit Ketahanan Pangan dan Energi (KKP-E) Peternakan.

“Hanya saja, kelompok menunggu waktu yang tepat,” ucapnya.

Ade, tokoh masyarakat asal RT 12 RW 04, Dusun Bojongpari, mengaku sangat mengapresiasi usaha Kelompok Tani Swadaya Mandiri tersebut. Menurut dia, secara tidak langsung kelompok itu turut serta mensukseskan tercapainya program swasembada daging di Kabupaten Ciamis. (Dji/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!