KPA Banjar Minta Pemdes & Kelurahan Bentuk WPA

24/04/2015 0 Comments
KPA Banjar Minta Pemdes & Kelurahan Bentuk WPA

Foto: Ilustrasi net/Ist.

Foto: Ilustrasi net/Ist.

Foto: Ilustrasi net/Ist.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Banjar meminta pihak Pemerintah Desa (Pemdes) dan Kelurahan membentuk organisasi Warga Peduli AIDS (WPA), untuk menghimpun warga untuk lebih peduli pada pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS.

Pembentukan WPA disetipa Pemdes dan Kelurahan, menurut Sekretaris KPA Kota Banjar, Drs. Unen Astramanggala, telah sesuai dengan Permenkes No.12 tahun 2013, tentang Penanggulangan HIV/AIDS, dan Intruksi Mendagri No. 444.24/2259/SJ, tentang Penguatan Kelembagaan dan Pemberdayaan Masyarakat dalam Penanggulangan HIV/AIDS di daerah.

“Tujuannya untuk menjaring mereka yang terinfeksi atau ODHA, dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama melakukan pencegahan dan penanggulangannya,” jelasnya kepada sejumlah perwakilan Pemdes dan Kelurahan, di RM Saung Oemah, Kamis, (23/04/2015).

Pentingnya pembentukan WPA di setiap Pemdes dan Kelurahan, lantaran orang dengan HIV/AIDS (ODHA) kini telah merambah ke pedesaan dan kota kecil. “Berdasarkan data yang kami miliki menunjukkan penyebaran dan angka kasus HIV/AIDS di kota Banjar meningkat begitu cepat,” tandas Unen.

Pengelola Program KPA Kota Banjar, Rudi Ilham, menambahkan, WPA bukan hanya di bentuk disetiap Kecamatan, Pemdes dan Kelurahan, tapi juga bisa dibentuk hingga ke tingkat dusun atau lingkungan , rukun warga dan rukun tetangga.

“Nantinya jika telah terbentuk hingga ke tingkat rt dan rw, WPA bisa diintegrasikan dengan kegiatan desa atau rw siaga,” harapnya. (Nanang S/R1/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!