KPS Hilang, 400 RTS di Banjar Tertunda Cairkan PSKS

24/04/2015 0 Comments
KPS Hilang, 400 RTS di Banjar Tertunda Cairkan PSKS

Foto: Ilustrasi net/Ist.

Foto: Ilustrasi net/Ist.

Foto: Ilustrasi net/Ist.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Sekitar 400 rumah tangga sasaran (RTS) di Kota Banjar belum mencairkan dana bantuan Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) triwulan pertama yang digulirkan pertengahan bulan April 2015, dikarenakan kartu perlindungan sosial (KPS) RTS hilang.

“Untuk kecamatan Banjar ada sekitar 80 RTS yang belum diambil,” jelas Tomy Anjery, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kec. Banjar, kepada harapanrakyat.com, saat pelaporan kegiatan penyaluran PSKS, di Dinsosnakertrans Kota Banjar, Rabu, (22/04/2015).

Setelah melakukan koordinasi dengan tiga TKSK kecamatan lainnya, menurut Tomy, dana PSKS yang belum dicairkan terbanyak terjadi di Kecamatan Langensari.

“Selain karena hilang, ada juga RTS yang sedang berpergian keluar kota, dan juga warga jompo yang belum diantar keluarganya untuk mengambil,” tambahnya.

Sementara RTS yang telah kehilangan kartu KPS kini sedang diurus pihaknya, dengan meminta surat rekomendasi kehilangan ke Pemdes atau Kelurahan masing-masing, dan kemudian diserahkan ke Dinsosnakertrans untuk kemudian di verifikasi data.

“Setelah mendapatkan rekomendasi dari Dinsosnakertrans RTS baru bisa mencairkan,” jelas Tomy.

RTS yang kehilangan KPS tidak menjadi masalah, namun proses pencairan ditangguhkan dan harus mengurus surat kehilangan. “Dana tidak hangus, bisa diambil kapanpun karena sifatnya tabungan. Artinya boleh diambil secara keseluruhan, atau dicicil asal memenuhi dan menunjukkan persyaratan,” jelas Tomy.

Jumlah penerima PSKS di Kota Banjar, kata Tomy mencapai 9.608 orang, dengan total uang yang digelontorkan mencapai Rp. 5.764.800.000,-. (Nanang S/R1/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!