Lagi, Isu Keranda Mayat Terbang Geger di Lapas Banjar

18/04/2015 0 Comments
Lagi, Isu Keranda Mayat Terbang Geger di Lapas Banjar

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kota Banjar, berdiri kokoh di atas Bukit Putri, Kel/Kec. Pataruman. Photo: Dokumentasi HR (editing ilustrasi keranda mayat)

Lagi, Isu Keranda Mayat Terbang Geger di Lapas Banjar

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Setelah sebelumnya warga Dusun Namas, Desa Buniseri, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, geger dengan penampakan keranda mayat terbang, ternyata kejadian serupa pun terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kota Banjar. Cerita mistik memang sering terdengar di bangunan besar nan luas yang berdiri kokoh di atas Bukit Putri, Kel/Kec. Pataruman Kota Banjar ini.

Jika dilihat dari bawah bukit, bangunan Lapas akan terlihat indah dipandang. Tapi, dibalik semua keindahan itu masih saja ada kejadian aneh yang membuat bulu kuduk merinding. Cerita ini adalah tentang adanya keranda mayat yang terbang dari arah Gunung Sangkur menuju areal Lapas, atau tepatnya di Blok D. Keranda mayat terbang itu sering muncul setiap malam Jum’at atau malam Selasa. [Baca juga: Warga di Cipaku Ciamis Geger dan Dihantui Isu Keranda Mayat Terbang]

Menurut sejumlah warga binaan, dengan adanya kabar tersebut membuat para penghuni Lapas menjadi takut. Seperti diungkapkan Candra, salah satu warga binaan pemasyarakatan Lapas Banjar, kepada HR, Senin (13/04/2015).

Dia mengatakan, bukan hanya keranda mayat terbang saja, namun setiap malam Jum’at dirinya sering mencium aroma bau kemenyan, mendengar suara-suara aneh, bau amis, bahkan sering mencium bau minyak wangi duyung khas orang mati. [Baca juga: Begini Cerita Keranda Mayat Terbang yang Bikin Geger Warga Cipaku Ciamis]

Selain itu, dirinya pun sering mendengar suara “tatalu” di salah satu ruangan kantor,  padahal di ruangan tersebut tidak ada siapa-siapa. “Biasanya setiap malam Jum’at, saya sering mendapatkan kejadian aneh di sini. Awalnya memang takut, tapi lama-lama sudah terbiasa,” tuturnya sambil tertawa.

Candra juga mengaku, selama dirinya menjadi warga binaan di Lapas Banjar memang kerap melihat makhluk ghaib. Bahkan tidak jarang jika setelah melihat makhluk tersebut, esok harinya ia terkadang jatuh sakit.

Pengalaman serupa diungkapkan Yayan, salah satu warga binaan lainnya yang menghuni Blok D. Menurut dia, jika sedang di dalam kamar/sel, dirinya bersama teman sekamarnya sering diganggu makhluk astral, mulai dari suara orang mandi dan suara perempuan yang sedang menyanyi. Padahal di tempat ini seluruh warga binaannya adalah laki-laki.

“Pernah pada saat saya tidur, tiba-tiba ada yang menyiramkan air, padahal waktu itu seluruh penghuni kamar sedang nyenyak tidur,” ujar Yayan.

Kepala TU Lapas Banjar, Endis, mengungkapkan hal yang sama. Dia mengaku pernah melihat keranda mayat terbang masih lengkap dengan kain penutupnya berwarna hijau. “Kejadian seperti itu memang sering. Tapi sudahlah jangan terlalu dibesar-besarkan, lagian mereka juga tidak mengganggu,” ungkap Endis.

Sementara itu, Kepala Lapas Banjar, Drs. Dadang Sudrajat, M.Si., membenarkan, jika di sekitar Lapas kerap terjadi hal-hal aneh di luar pikiran dan akal sehat manusia. Dirinya pun pernah mengalami hal serupa.

Malah dia juga mengaku sering melihat keranda mayat terbang dari arah Gunung Sangkur dan berhenti tepat di atas Blok D Lapas Banjar. “Saya memang sering melihat keranda mayat terbang di sini. Keranda mayat tersebut menghilang tepat di atas Blok D,” ujarnya.

Dadang menambahkan, dirinya tidak merasa khawatir atau takut, karena semua tugas ataupun pekerjaannya tidak sampai terganggu oleh hal-hal seperti itu. Bahkan, selama ini para petugas Lapas pun sudah terbiasa dengan kejadian-kejadian aneh tersebut.

Menanggapi hal itu, Ketua Harian MUI Kota Banjar, KH. Muchtar Gozali, mengatakan, keberadaan makhluk halus (jin) memang benar adanya, dan makhluk tersebut adalah makhluk Tuhan juga. Sebelum manusia diciptakan, Allah SWT menciptakan jin terlebih dahulu.

“Itu adalah mumqinul wujud, yang artinya bisa iya bisa tidak, sehingga umat Islam jangan takut dengan hal-hal seperti itu,” kata Muchtar, saat dihubungi HR via telepon selularnya.

Muchtar menambahkan, makhluk Jin yang sering mengganggu adalah Jin kafir. Mereka sering menggoda menusia disaat imannya lemah, dan manusia tidak perlu takut akan keberadaannya, karena derajat mereka lebih rendah dari manusia.

“Keberadaan mereka memang ada, namun sebagai manusia, kita harus  beriman kepada Allah SWT, sehingga apapun jenis gangguannya dari mereka, Insya Allah kita pasti kuat,” kata Muchtar. (Hermanto/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!