Lindungi Konsumen, Kota Banjar Harus Miliki BPSK

12/04/2015 0 Comments
Lindungi Konsumen, Kota Banjar Harus Miliki BPSK

Foto: Ilustrasi net/Ist.

Foto: Ilustrasi net/Ist.

Foto: Ilustrasi net/Ist.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Perlindungan terhadap konsumen dari perbuatan curang penjual barang dan jasa, Pemerintah Kota Banjar harus membentuk Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK).

“Dibentuknya BPSK mengingat perkembangan perekonomian di Kota Banjar, dan persiapan dalam menghadapi MEA 2015,” ucap Hendi, Staf bidang program Kantor Pengadaan Barang dan Jasa Kota Banjar, kepada harapanrakyat.com, Jum’at, (10/04/2015).

MEA juga mengisyaratkan, akan semakin terbukanya pasar bebas, dengan menghasilkan diversifikasi barang dan jasa yang dapat dikonsumsi masyarakat.

“Beranekanya barang dan jasa, tentunya harus dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, bukan malah sebaliknya,” tambah Hendi.

Pembentukan BPSK telah ditetapkan dalam Undang-Undang No 8 tahun 199, tentang Perlindungan Konsumen, yang mengamanatkan agar pembangunan perekonomian pada era globalisasi dapat mendukung tumbuhnya dunia usaha.

“BPSK berperan sebagai mediator, dan sebagai pengadilan kecil dalam menyelesaikan konflik antara produsen dan konsumen,” jelas Hendi.

Namun, kata Hendi, untuk membentuk BPSK, terlebih dahulu adanya LSM yang bergerak dalam perlindungan konsumen. “Disperindagkop sudahkah memiliki data, dan ada berapa LSM perlindungan konsumen yang sudah ada,” tanyanya. (Nanang S/R1/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!