Mayoritas Desa di Ciamis Belum Miliki BUMDes

29/04/2015 0 Comments
Mayoritas Desa di Ciamis Belum Miliki BUMDes

Ilustrasi. Foto: Ist/Net

Mayoritas Desa di Ciamis Belum Miliki BUMDes

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Mayoritas desa di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, belum memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Dari informasi yang berhasil diperoleh dari Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Ciamis, menyebutkan, dari total 258 desa, baru 42 desa diantaranya yang memiliki BUMDes.

Kepala BPMPD Kabupaten Ciamis, Drs. H. Lili Romli, SH., didampingi Kabid Pemberdayaan Masyarakat, Dian Budiyana, Drs.,M.Si, ketika ditemui Koran HR pekan lalu membenarkan bahwa masih banyak desa belum memiliki BUMDes.

Namun demikian, Dian menandaskan, pihaknya menargetkan agar semua desa yang ada di Kabupaten Ciamis memiliki BUMDes. Untuk mengupayakan hal itu, kata dia, BPMPD akan melakukan pembinaan terhadap seluruh pemerintahan desa mengenai pembentukan BUMDes di desanya masing-masing.

“Kita akan lakukan pembinaan serta mensosialisasikan tentang Bumdes ini kepada masyarakat secara langsung,” katanya.

Lebih lanjut Dian berharap keberadaan BUMDes nantinya bisa dimanfaatkan oleh pemerintah desa dan masyarakat untuk menciptakan kemandirian dan pemberdayaan masyarakat.

Dian menambahkan, untuk merintis kemandirian desa, pemerintah tingkat desa perlu dari sekarang membentuk BUMDes. Dia optimistis, seandainya potensi desa dimaksimalkan, tentunya dapat membantu meningkatkan ekonomi desa dan masyarakat.

“Pasti banyak potensi kreatif masyarakat yang sudah berkembang, tapi secara market belum maksimal. BUMDes bisa jadi solusinya,” pungkasnya. (Deni/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!