Pakai Ijazah “Kelas Jauh’, Ajuan Penyesuaian Pangkat 20 PNS Ciamis Ditolak

28/04/2015 0 Comments
Pakai Ijazah “Kelas Jauh’, Ajuan Penyesuaian Pangkat 20 PNS Ciamis Ditolak

Ilustrasi PNS. Foto: Ist/Net

Sebelum Masa Kerja 8 Tahun, PNS Pangandaran Dilarang Pindah ke Luar Daerah

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ingin melakukan penyesuaian ijazah untuk kenaikan pangkat, terpaksa harus gigit jari. Apalagi bagi mereka yang lulus atau memiliki ijazah yang dikeluarkan dari progam kelas jauh sebuah perguruan tinggi. Pasalnya, ajuan penyesuaian ijazah kelas jauh akan ditolak langsung oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

Kepala Bidang Mutasi dan Kepegawaian, Badan Kepegawian dan Diklat (BKD) Kabupaten Ciamis, Ihsan, Senin (20/04/2015), menyebutkan bahwa landasan penolakan yang dilakukan BKN adalah Surat Edaran Direktorat Kelembagaan Dirjen Dikti Nomor 595/D5.1/2007. Sebab, terhitung sejak 27 Februari 2007 Dikti telah melarang model kelas jauh dan Sabtu-Minggu.

“Kemudian, melalui surat edaran, BKN juga telah menetapkan bahwa ijazah yang dikeluarkan itu tidak sah dan tidak dapat digunakan untuk pengangkatan maupun pembinaan jenjang karir serta penyetaraan bagi PNS,” katanya.

Ihsan menuturkan, saat ini sedikitnya 20 orang yang mengajukan berkas penyesuaian atau penyetaraan ijazah (S1 dan S2) mendapat penolakan dari BKN. Alasannya karena dalam berkas ajuan tersebut diketahui ke 20 orang tersebut memiliki ijazah kelas jauh. Mayoritas PNS yang mengajukan itu, berada di lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Ciamis.

”Kami telah berusaha memperjuangkan agar mereka (PNS) bisa diterima atau mendapatkan kebijakan lain. Soalnya, PNS yang mengajukan sudah keluar biaya dan tenaga, tapi tetap saja tidak bisa,” ujarnya.

Ihsan menambahkan, kejadian seperti ini bisa menjadi pembe­lajaran berharga bagi para PNS, agar mereka melanjutkan pendidikan pada perguruan tinggi yang sudah memiliki status dan jelas legalitasnya. (DSW/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!