(Pilkada Pangandaran) Ini Alasan Irfan-Ino Munculkan Isu Etnis Sunda dan Jawa

20/04/2015 0 Comments
(Pilkada Pangandaran) Ini Alasan Irfan-Ino Munculkan Isu Etnis Sunda dan Jawa

Bakal Calon Bupati-Wakil Bupati Pangandaran, Ahmad Irfan Alawi- H. Ino Darsono

(Pilkada Pangandaran) PKB Irfan- Ino Wakili Etnis Sunda dan Jawa

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Tim sukses pemenangan pasangan Bakal Calon Bupati-Wakil Bupati Pangandaran, Ahmad Irfan Alawi- H. Ino Darsono, tampaknya memakai strategi pendekatan emosional kultur dalam menggalang dukungan masyarakat Kabupaten Pangandaran. Memanfaatkan latarbelakang H. Ino Darsono yang merupakan satu-satunya bakal calon yang mewakili etnis jawa di Kabupaten Pangandaran, tim sukses pun langsung melempar isu primordial sebagai salah satu strategi kampanyenya.

Seperti diketahui, hampir 40 persen penduduk Kabupaten Pangandaran berasal dari etnis jawa. Penduduk Pangandaran dari etnis jawa ini, sebagian besar berada di Kecamatan Pangandaran, Sidamulih, Kalipucang, Mangunjaya dan Padaherang.

Sementara untuk meraih simpatik dari etnis sunda yang merupakan mayoritas penduduk Pangandaran, tim pemenangan memunculkan Ahmad Irfan Alawi yang merupakan putra daerah asli Cimerak yang berlatarbelakang etnis sunda. Etnis sunda di Pangandaran dominan berada di Kecamatan Parigi, Cijulang, Cimerak, Cigugur dan Langkaplancar.

Ketua Tim Relawan Pemenangan Irfan-Ino, Asep Badru Jaman, membenarkan bahwa hal itu merupakan salah satu strategi kampanyenya. Menurutnya, masyarakat Kabupaten Pangandaran memiliki komposisi penduduk suku sunda 50 persen, jawa 40 persen dan 10 persen suku lainnya.

“Makanya, tim relawan ini kami namakan SAJIWA dengan akronim “Sunda Dadi Siji Karo Jawa” atau artinya Sunda dan Jawa bersatu. Relawan ini merupakan gabungan massa dari luar struktur partai politik,” katanya, kepada HR Online, Minggu (19/04/2015).

Asep pun mengatakan relawan yang tergabung dalam SAJIWA ini berasal dari berbagai element masyarakat Pangandaran, salah satunya dari aktivis pemuda generasi 1990 sampai generasi 1998. “Kami yakin dukungan kepada pasangan Irfan- Ino akan terus mengalir, terutama dari generasi muda Pangandaran,” pungkasnya. (Mad/R2/HR-Online)

Ikuti berita menarik lainnya di Harapan Rakyat Online melalui akun twitter: Koran Harapan Rakyat dan fans page facebook: Harapan Rakyat Online

Berita Terkait

(Pilkada Pangandaran) PKB: Irfan- Ino Wakili Etnis Sunda dan Jawa

(Pilkada Pangandaran) Ino: Kami Masih Welcome Parpol Lain Ikut Bergabung

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!