Rawan Alur Distribusi, Harga Bawang Merah di Pasar Banjar Capai Rp.34 Ribu/Kg

07/04/2015 0 Comments
Rawan Alur Distribusi, Harga Bawang Merah di Pasar Banjar Capai Rp.34 Ribu/Kg

Photo ilustrasi.

bawang

 

 

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Banjar, H. Soni Horison, menduga, ada beberapa faktor penyebab masih melonjaknya harga bawang merah di beberapa daerah, tak terkecuali di Banjar, dimana harga bawang merah sudah mencapai Rp.34 ribu per kilogram.

Menurutnya, selain faktor kurangnya pasokan bawang merah lantaran hasil panen yang kurang baik, seperti di Brebes mengalami gagal panen akibat terkena banjir, juga disebabkan kurangnya pengamanan alur distribusi.

“Artinya, pandangan kami diawali daerah penghasil komoditi tersebut, komponen terkait daerahnya harus mengawasi alur lalu-lintas barang yang akan dikirim ke daerah lain, guna memastikan kemana larinya,” tutur Soni, kepada HR, Senin (30/03/2015).

Di Banjar sendiri, kata dia, pihaknya pun tak menampik perlu mengawasi jalur pendistribusian bawang merah agar tidak dimanfaatkan oleh pihak yang merugikan masyarakat.

“Disperindag perlu mengawasi jalur distribusi bawang merah, tujuannya tidak hanya menstabilkan harga, namun juga mewaspadai adanya spekulan,” ucapnya.

Meski begitu, pihaknya tetap tidak bisa mengintervensi harga bawang yang terus berpotensi naik. Pasalnya, keadaan melonjaknya harga bawang ini terjadi secara nasional. Namun, sebagai upaya pengendalian rencananya Disperindag akan segera melakukan sidak.

“Sidak akan dilakukan bukan hanya terkait harga bawang saja, tapi semua kebutuhan pokok, pasca adanya kenaikan BBM,” kata Soni. (Nanks/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!