Soal Eks Tanah Bengkok, Pansus DPRD Ciamis Dituding Sembunyikan Fakta

03/04/2015 0 Comments
Soal Eks Tanah Bengkok, Pansus DPRD Ciamis Dituding Sembunyikan Fakta

Deretan Ruko yang berdiri di atas tanah eks bengkok Kelurahan Ciamis atau tepatnya depan Pasar dan Terminal Ciamis. Foto: Dokumentasi HR

(Carut Marut Ruko Depan Pasar Ciamis) DPRD Temukan 3 Pelanggaran Hukum

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Trust Institute menengarai Panitia Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ciamis, yang bertugas membahas Eks Tanah Bengkok Kelurahan Ciamis dan Kertasari, menyembunyikan sejumlah fakta. Hal itu terungkap ketika LSM Trust Institute membaca dan mempelajari laporan Pansus yang disampaikan pada saat Rapat Paripurna, Senin (30/03/2015).

Direktur LSM Trust Institute, David Firdaus, ketika ditemui HR, Selasa (31/03/2015), menilai, laporan yang disampaikan Pansus Eks Tanah Bengkok Kelurahan Ciamis dan Kertasari tidak menghasilkan serta tujuan akhir kerja Pansus. “Ada sejumlah hal penting yang tidak secara rinci disampaikan oleh Pansus. Termasuk ada juga tanah ruislag yang tidak dikaji lebih dalam oleh Pansus,” katanya.

Padahal, kata David, persoalan eks tanah bengkok Kelurahan Ciamis dan Kertasari juga sarat dengan masalah pidana. Tapi sayang, Pansus tidak merekomendasikan masalah tersebut kepada pihak kepolisian dan Kejaksaan.

“Saya mengganggap Pansus ini ‘banci’. Sebab, tidak jelas tujuan akhir dari kerja Pansus ini. Saya juga menilai, Pansus menyembunyikan fakta yang sebenarnya,” tandasnya.

David menduga, Pansus hanya dijadikan ‘kendaraan’ atau alat untuk menghabiskan anggaran yang ada di DPRD, seperti halnya biaya studi banding ke luar daerah. Termasuk juga, kata dia, diduga dijadikan alat untuk mengeruk ‘Japrem’ alias Jatah Preman dari sejumlah pihak.

Kepada HR, David mengungkapkan, seandainya Pansus memiliki keinginan untuk menyelamatkan aset milik pemerintah daerah, kesalahan atau kejanggalan sekecil apapun harus bisa diungkapkan dan dibuktikan dengan fakta-fakta yang ada di di lapangan.

“Saya kasihan, setiap kali ada permasalahan terkait aset tanah di wilayah Kabupaten Ciamis, pastinya tidak satupun berhasil diselesaikan dengan baik,” pungkasnya. (es/Koran-HR)

Berita Terkait

Ini Kesimpulan Pansus DPRD Ciamis Soal Masalah Eks Tanah Bengkok

Begini Kronologis Ruislag Eks Bengkok Ciamis & Kertasari Versi Pansus DPRD

Soal Eks Tanah Bengkok, Pansus DPRD Ciamis Keluarkan 7 Rekomendasi

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!