TA 2015, Desa Sinartanjung Banjar Fokuskan Peningkatan Bidang Pendidikan

06/04/2015 0 Comments
TA 2015, Desa Sinartanjung Banjar Fokuskan Peningkatan Bidang Pendidikan

Gedung kantor Desa Sinartanjung, Kec. Pataruman, Kota Banjar. Foto: Eva Latifah/HR

2. kantor desa Sinartanjung

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Setelah dimekarkan dari Desa Mulyasari, dan diresmikan Walikota Banjar kala itu, dr. H. Herman Sutrisno, MM., pada bulan Oktober 2009, Desa Sinartanjung, Kecamatan Pataruman, memiliki 4 wilayah dusun, meliputi Dusun Pananjung, Pananjung Barat, Pananjung Timur, dan Dusun Sinargalih.

Tepat pada bulan Januari 2010, Suwarman terpilih dan resmi dilantik menjadi Kepala Desa Sinartanjung periode pertama. Sejak menduduki tampuk kepemimpinan di Pemerintahan Desa Sinartanjung, dirinya terus berupaya mewujudkan agar masyarakatnya bisa sejahtera, baik melalui pembangunan infratruktur jalan, sarana umum lainnya, maupun sarana prasarana kantor desa, serta pembangunan sumber daya manusia (SDM) warga dan aparat desa.

Hal itu sesuai dengan visi Desa Sinartanjung, yakni “Dengan kebersamaan kita wujudkan Sinartanjung menuju desa sentra agribisnis termaju di Pataruman,” dan misinya yaitu “Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM); Membangun sentra industry bidang pertanian dan rumah tangga (pengrajin); Mengelola Sumber Daya Alam (SDA) secara arif dan berkelanjutan; Menghilangkan diskriminasi dalam berbagai aspek keagamaan, politik, ekonomi, budaya dan keamanan.”

Suwarman mengatakan, seiring menjelang masa akhir jabatannya sebagai kepala desa, rencananya di tahun anggaran 2015 ini pihaknya akan merampungkan pembangunan sarana prasarana Aula Desa Sinartanjung tahap ketiga.

“Rencana pembangunan infrastruktur lainnya yaitu, perbaikan jalan di RW.3 yang meliputi RT.12, 13, 14 dan RT.16, panjangnya sekitar 1 kilometer. Kemudian, kita juga akan melakukan perbaikan lapangan sepak bola dan salurannya berikut kirmir,” tuturnya, ketika ditemui HR di ruang kerjanya, pekan lalu.

Rencana pembangunan di bidang fisik lainnya yaitu, rehab Balai Dusun Pananjung, pembangunan 5 unit MCK, dan perbaikan rumah tidak layak huni sebanyak 7 unit yang lokasinya tersebar di setiap dusun.

Lanjut Suwarman, Pemedes Sinartanjung juga akan melakukan peningkatan SDM kelembagaan pertanian. Terlebih di musim hujan seperti sekarang ini para petani pepaya di wilayahnya mengalami kerugian akibat tanaman pohon pepayanya terendam air.

Kemudian, pelatihan-pelatihan bagi Kelompok Wanita Tani (KWT), tutor PAUD, madrasah, petugas Linmas dan ketua RT, RW, serta pembelian alat musik drum band, karena memang Desa Sinartanjung memiliki grup drum band yang anggotanya petugas Linmas. Semua itu menjadi salah satu rencana kegiatan pihak pemdes di tahun anggaran 2015 ini.

Perencanaan berikutnya yaitu mendirikan Badan Usaha Milik Desa atau Bumdes, sebab Desa Sinartanjung belum memilikinya. Namun, nanti dalam pengelolaannya tidak berupa simpan pinjam, tapi untuk para pengusaha, yakni masyarakat Desa Sinartanjung yang bergerak di bidang usaha.

“Satu hal yang paling utama, dengan berakhirnya masa jabatan saya sebagai kepala desa, ada yang baru bisa dirintis dalam peningkatan SDM bidang pendidikan, yaitu pendirian SMP Plus, karena Sinartanjung belum memiliki sekolah tingkat SMP, baru ada satu SD saja,” kata Suwarman.

Dia menyebutkan, rencananya kegiatan belajar mengajar (KBM) di SMP Plus akan dilaksanakan pada tahun 2015. Untuk sementara ini KBM akan menempati bangunan madrasah, dan rencananya pihak pemdes akan membangun tiga lokal dulu untuk ruang kelas. Sedangkan, tenaga pendidiknya mayoritas merupakan warga Desa Sinartanjung.

Selama ini, warga Desa Sinartanjung melanjutkan sekolah ke SMP yang ada di daerah Langensari, Pataruman dan Banjar. Kalau di wilayahnya sudah ada fasilitas sekolah tingkat SMP, dipastikan masyarakat pun akan menyekolahkan anak-anaknya ke sekolah yang lebih dekat.

“Mudah-mudahan semua rencana tersebut dapat berjalan sesuai dengan harapan kita semua, khususnya masyarakat Desa Sinartanjung,” pungkas Suwarman. (Eva/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!