Trafo Meledak, Kabel dan Tiang PLN di Banjarsari Ciamis Terbakar

06/04/2015 0 Comments
Trafo Meledak, Kabel dan Tiang PLN di Banjarsari Ciamis Terbakar

Sebuah trapo yang terpasang di tiang PLN yang berada di Dusun Ampera, Desa Cikaso, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, meledak dan membakar kabel dan tiang, Minggu (05/04/2015), sekitar pukul 23.00 WIB. Foto: Entang Saeful Rachman/HR

Trapo Meledak, Kabel dan Tiang PLN di Banjarsari Ciamis Terbakar

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Diduga akibat konsleting listrik, sebuah trafo yang terpasang di tiang PLN yang berada di Dusun Ampera, Desa Cikaso, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, meledak dan membakar kabel dan tiang, Minggu (05/04/2015), sekitar pukul 23.00 WIB. Akibat ledakan yang cukup keras, membuat puluhan warga yang tak jauh dari lokasi kejadian berhamburan ke luar rumah.

Saat api melalap kabel dan tiang PLN, puluhan warga setempat hanya bisa diam dan menonton kobaran api yang menyala. Selain kobaran api berada di atas tiang yang sulit dijangkau, warga pun tidak berani melakukan tindakan karena khawatir terkena percikan api.

Menurut warga setempat, Ato Suhartono, warga tidak berani melakukan tindakan karena khawatir terkena percikan api. Selain itu, tidak ada warga yang paham ilmu kelistrikan, sehingga tidak mau ambil resiko berinisiatif melakukan pemadaman api.

“Terus bingung kami bingung, mau bertindak memadamkan api takut terkena percikan api. Karena tidak ada warga di sini yang mengerti kelistrikan. Kami hanya bisa diam sembari menghubungi pihak PLN untuk segera memperbaiki,” katanya.

Namun, petugas PLN lambat datang ke lokasi. Menurut Jajang, warga setempat, dirinya beberapa kali menelpon kantor PLN Banjarsari, namun sulit dihubungi. “ Kami akhirnya langsung pergi ke kantor PLN untuk memberitahukan kebakaran tersebut,” katanya.

Namun beruntung, meski petugas PLN datang terlambat ke lokasi, kobaran api padam dengan sendirinya. Tetapi, akibat kejadian ini, membuat aliran listrik ke rumah penduduk setempat, padam. Warga pun untuk sementara menggunakan lampu cempor dan lilin sebelum petugas PLN memperbaiki trapo dan tiang yang terbakar. (Ntang/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!