Usaha Tambak di Harim Laut Cimerak Pangandaran Disoal Warga

24/04/2015 0 Comments
Usaha Tambak di Harim Laut Cimerak Pangandaran Disoal Warga

Ilustrasi tambak. Foto: Ist/Net

Usaha Tambak di Harim Laut Cimerak Pangandaran Disoal Warga

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Taruna Nelayan Kertamukti, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, mempertanyakan keberadaan harim laut yang diduga dimanfaatkan oleh pengusaha tambak asal Jakarta, Tati Mahmun Muron.

Nanang, anggota Taruna Nelayan Kertamukti, pekan lalu, menuturkan, pihaknya mendapat keganjilan karena pengusaha tersebut memanfaatkan kawasan harim laut untuk usaha tambak.

“Sebagai taruna nelayan yang peduli terhadap harim laut, makanya kami datang ke desa dan melakukan audiensi,” kata Nanang.

Pada kesempatan itu, Nanang dengan tegas menolak penggunaan harim laut untuk usaha tambak. Menurut dia, penolakan yang sama juga disampaikan oleh warga dari wilayah lain, seperti Dusun Cempaka, Dusun Cirema, Dusun Cidahon dan Dusun Sukamanah.

Nanang juga menyampaikan empat tuntutan kepada pihak pengusaha, diantaranya; 1. Merklamasi harim laut/tanggul diperbesar serta kembali ditanami pohon pandan. 2. Uang untuk pembangunan masjid agar segera dibuktikan sebelum pelaksaan kegiatan dimulai. 3. Buat perjanjian untuk di harim laut hanya dua kali panen kemudian kembali diratakan. Dan 4. Beli yang tanah milik untuk reklamasi/ urug tanah harim laut.

Sementara itu, perwakilan pengusaha asal Jakarta, Ganda, mengungkapkan bahwa pihaknya sudah meminta persetujuan warga Dusun Cempaka, termasuk tanda tangan, jauh hari sebelum kegiatan usaha tambak berjalan.

“Bukti tanda tangan itu sudah diserahkan kepada pemerintah desa,” katanya. (Ntang/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!