Pemkab Ciamis Diminta Selamatkan Eksistensi Pasar Tradisional Kawali

Toko Modern Jatuhkan Harga, Pedagang Pasar Kawali Ciamis Protes

Kawasan Pasar Tradisional Kawali. Foto: Dokumentasi HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sejumlah pedagang di Pasar Galuh Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, meminta Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis memperhatikan eksistensi (keberadaan) pasar tradisional. Pasalnya, pasar tradisional selama ini memegang peranan penting dalam perekonomian masyarakat.

Namun sayang, kini eksistensi pasar tradisional Galuh Kawali justru terkalahkan oleh keberadaan toko modern. Untuk itu, pedagang berharap, Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis memberikan pembinaan terhadap para pemilik toko modern yang ada di wilayah itu, untuk tidak mematikan keberadaan pasar tradisional.

Ketua Himpunan Pedagang Pasar Galuh Ciamis, H. Empong, ketika ditemui Koran HR, Senin (22/06/2015), berharap Pemda Ciamis membuat sebuah regulasi atau peraturan sebagai solusi untuk menghadapi persoalan yang selama ini dialami pedagang Pasar Galuh Kawali.

“Pemerintah harusnya memperhatikan eksistensi pasar tradisional agar tidak tergerus oleh kehadiran pasar modern,” katanya.

Pedagang yang enggan disebutkan namanya, mengungkapkan, pemilik toko modern harusnya menerapkan teori utilitarianisme atau upaya memaksimalkan kebahagiaan dan mengurangi penderitaan. Dengan begitu, pedagang di pasar tradisional masih mendapat kesempatan untuk tetap eksis. (dji/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA