PMI Ciamis Kelimpungan Harus Pasok Darah untuk 192 Penderita Thalasemia

04/07/2015 0 Comments
PMI Ciamis Kelimpungan Harus Pasok Darah untuk 192 Penderita Thalasemia

Ilustrasi. Foto: Ist/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Di saat kekuarangan stok darah yang hampir habis, PMI (Palang Merah Indonesia) Ciamis kini tengah kelimpungan untuk memenuhi kebutuhan darah. Pasalnya, PMI Ciamis harus menyuplai kebutuhan darah untuk sekitar 192 orang pasien penderita thalasemia yang benar-benar membutuhkan darah untuk keperluan cuci darah secara rutin.

Tete, Staf Pelayanan Darah PMI Ciamis, mengatakan, selama bulan puasa, pasokan dari pendonor darah berkurang. Begitupun tidak ada komunitas yang menggelar kegiatan donor darah selama bulan puasa.

Stok Darah Minim, PMI Ciamis Kelimpungan Harus Pasok 192 Penderita Thalasemia

“Terus terang, kami bingung untuk memasok kebutuhan darah untuk 192 penderita thalasemia,” katanya, kepada Koran HR, pekan lalu. [Baca juga: Gawat! Stok Darah di PMI Ciamis Hampir Habis]

Pihaknya, kata Tete, sampai harus pergi ke Jakarta untuk mencari stok darah. “Bahkan, kami harus mencari pendonor hingga malam hari ketika ada pesien thelasemia membutuhkan darah segera,” katanya.

Saat ini, menurut Tete, stok atau persediaan darah sudah hampir habis. Kini, stok yang ada 27 labu darah golongan AB dan 6 labu darah golongan B. Padahal, rata-rata kebutuhan darah selama satu bulan bisa mencapai sekitar 800 labu. (DSW/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!