Bulan Ini RTS di Banjar Terima Raskin Dua Kali

02/10/2015 0 Comments
Bulan Ini RTS di Banjar Terima Raskin Dua Kali

Photo ilustrasi net/Ist.

salurkan-raskin-tambahanBerita Banjar, (harapanrakyat.com),

Penyaluran beras miskin (raskin) tambahan atau ke-13 di wilayah Bulog Sub. Divre Ciamis, sebagian besar akan disalurkan pada bulan Oktober ini. Penyaluran raskin ke-13 merupakan salah satu kebijakan pemerintah pusat, guna meringankan beban masyarakat miskin atau Rumah Tangga Sasaran (RTS).

Kepala Bagian Ekonomi Pemkot Banjar, Jawa Barat, Nurjanah, menyebutkan, bahwa pemerintah meluncurkan penyaluran raskin tambahan pada bulan September, namun sebagian besar disalurkan di bulan Oktober. Sehingga, dengan adanya penambahan tersebut maka dalam satu bulan RTS mendapat dua kali penyaluran.

“Seperti halnya raskin yang reguler, raskin tambahan juga diberikan secara gratis, artinya tidak dipungut biaya satu rupiah pun. Biaya penebusan raskin di Bulog hingga biaya transprotasi, semuanya sudah mendapat subsidi dari Pemerintah Kota Banjar,” kata Nurjanah, Kamis (01/10/2015).

Dia juga mengatakan, guna mempercepat penanganan raskin, Pemkot Banjar sudah mengalokasikan kebutuhan tersebut dalam APBD 2015, untuk penebusan raskin ke-13 kepada pihak Bulog.

“Berdasarkan pengalaman sebelumnya, kami tidak hanya mengalokasikan angaran raskin reguler 12 bulan, tetapi sampai bulan ke-13. Bahkan, sudah memasukkan raskin tambahan bulan 14, yang saat ini masuk APBD perubahan. Jadi, ketika pemerintah mengeluarkan kebijakan penyaluran raskin ke-13, maka kami tidak akan bingung karena anggarannya sudah ada. Raskin tambahan sudah disalurkan pada hari Selasa, tanggal 29 September lalu,” tuturnya.

Nurjanah menyebutkan, kuota raskin tambahan jumlahnya sama dengan reguler, yakni 145.290 kilogram yang diperuntukkan bagi 9.686 RTS. Dari empat kecamatan yang ada di Kota Banjar, penerima rasik paling banyak adalah Kecamatan Pataruman, yakni terdapat 3.170 RTS atau 47.550 kilogram.

Kemudian, untuk Kecamatan Banjar sebanyak 44.400 kilogram atau 2.960 RTS, Kecamatan Langensari 43.935 kilogram untuk 2.929 RTS, dan Kecamatan Purwaharja sebanyak 9.405 kilogram untuk 627 RTS.

Sementara itu, Kepala Bulog Sub Divre Ciamis, Cecep Panji Nadya, mengatakan, bahwa penyaluran raskin ke13 di wilayah Priangan Timur dilaksanakan di Kota Banjar dan Kota Tasikmalaya.

“Untuk wilayah lainnya dilaksanakan setelah penyaluran raskin reguler selesai, yaitu pada bulan Oktober ini. Kota Banjar termasuk yang paling cepat di Jawa Barat. Dengan demikian, pada bulan ini, RTS menerima dua kali raskin, reguler dan tambahan,” terangnya. (Eva/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!