2 Rumah Warga Langkaplancar Pangandaran Tertimbun Longsor

Ilustrasi. Foto: Dokumentasi HR

Begini Saat Kejadian Rumah Warga di Ciamis Tertimbun Longsor

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Dua rumah milik warga di Dusun Wangkalronyok RT 20/RW 7 Desa Bangunkarya, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, dilaporkan tertimbun matrial muntahan tebing longsor, Rabu (25/11/2015). Dua rumah itu diketahui milik Wawan dan Paing.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangandaran, Nana Ruhena, kepada HR Online, Kamis (27/11/2015), membenarkan kejadian tersebut. Dia mengatakan, bencana longsor itu terjadi setelah beberapa pekan terakhir ini turun hujan.

“Akibat beberapa bulan kemarin terjadi kemarau panjang, membuat tanah di daerah yang kemiringannya tinggi terjadi retakan. Ketika turun hujan, air masuk ke dalam celah tanah yang retak tersebut. Akibatnya, tanah bergerak dan menimbulkan longsor,” ujarnya.

Menurut Nana, tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut. Hanya, pemilik rumah mengalami kerugian sekitar Rp. 6 juta. “Bangunan yang tertimbun longsor hanya ruangan dapurnya saja. Sementara ruangaan lainnya selamat dari muntahan longsor,” ujarnya.

Nana mengatakan, pihaknya sudah menerjunkan petugas untuk membantu warga melakukan evakuasi rumah yang tertimbun longsor tersebut. “ Warga disana secara gotong royong membersihkan matrial longsor di bagian rumah yang tertimbun longsor,” pungkasnya. (Ntang/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA