Guru di Pangandaran Lestarikan Olahraga Tradisional

Ilustrasi tarik tambang. Foto: IstNet

DSC_80311-300x200

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Para guru di wilayah Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Propinsi Jawa Barat, mengikuti kegiatan perlombaan olahraga tradisional. Perlombaan itu sengaja digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke 70 dan Hari Guru Nasional, Senin (23/11/2015).

Ketua PGRI Kecamatan Kalipucang, H. Undang, didamping Ketua Panitia Penyelengara HUT PGRI, Uus, ketika ditemui Koran HR, Senin (23/11/2015), menuturkan, pihkanya sengaja menyelenggarakan even olahraga tradisional pada HUT PGRI dan HGN tahun 2015.

“PGRI sebagai ujung tombak pendidikan sudah sepantasnya untuk melestarikan olahraga tradisional yang dewasa ini mulai terlupakan,” katanya.

Uus menambahkan, olahraga tradisional yang ada di daerah mesti dilestarikan keberadaanya. Salah satu upayanya, yaitu dengan mengemas olahraga tradisional tersebut dalam sebuah perlombaan dan perayaan HUT PGRI dan HGN 2015.

“Jika olah raga tradisional sering dilombakan, secara otomatis keberadaannya akan selalu dikenal oleh masyarakat dan generasi penerus bangsa,” katanya.

Perlombaan tradisional yang perlu dijaga kelestariannya, kata Uus, diantaranya, balap bakiak, balap karung, tarik tambang, dan gatrik. Uus mengungkapkan, peserta HUT PGRI dan HGN 2015 antusias dalam mengikuti perlombaan tersebut.

Di tempat terpisah, perayaan HUT PGRI ke 70 dan HGN 2015 diperingati secara meriah oleh PGRI Kecamatan Padaherang. Menurut Ketua PGRI Kecamatan Padaherang, Rachman, ketika ditemui Koran HR, Senin (23/11/2015), mengungkapkan, pihaknya ingin perayaan tahun ini sama meriahnya dengan perayaan tahun lalu.

“HUT PGRI tahun ini tidak kalah meriahnya dengan tahun-tahun sebelumnya. Bahkan tahun ini dipastikan lebih meriah,” katanya.

Dari pantauan Koran HR, sejak pagi hari ratusan guru yang ada di wilayah Kecamatan Padaherang sudah berkumpul guna mengikuti kegiatan jalan sehat yang diselengarakan oleh Panitia HUT PGRI dan HGN 2015.

Selain jalan sehat, peringatan HUT PGRI ke 70 dan HGN 2015 juga dimeriahkan dengan berbagai acara. (Ntang/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar