Jembatan Bet-Man Ciamis Harus Perhatikan Bendungan Leuwikeris

Ilustrasi rencana jembatan Benteng-Manonjaya yang dihasilkan melalui studi kelayakan yang dilakukan pihak konsultan. Foto: Istimewa

Jembatan Bet-Man Ciamis Harus Perhatikan Bendungan Leuwikeris

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kepala Bappeda Ciamis, Kusdiana didampingi Kabid Fisik dan Sarana Bappeda Ciamis, Tino Armyanto, mengatakan, setelah pekan lalu pihak konsultan melakukan pemaparan hasil studi kelayakan rencana pembangunan jembatan Bet-Man yang akan menghubungkan wilayah Kabupaten Ciamis dengan Kabupaten Tasikmalaya di bentangan Sungai Citanduy, pihaknya dalam waktu dekat akan memberikan sejumlah rekomendasi ke Dinas Binamarga.

“Ada beberapa hal yang akan kami rekomendasikan, diantaranya pemilihan lokasi trase sebaiknya berada di jalur tanah yang dominan milik Negara dan juga perlu memperhatikan pelaksanaan pembangunan bendungan leuwikeris,” katanya, kepada Koran HR, Selasa (17/11/2015). [Berita Terkait Studi Kelayakan Jembatan Bet-Man (Ciamis-Tasik) Segera Rampung]

Tino menjelaskan, sebelumnya melangkah membuat DED jembatan Benteng-Manonjaya, perlu kiranya melakukan koordinasi dengan BBWS Citanduy terkait waktu pelaksanaan pembangunan bendungan leuwikeris. “Karena apabila pembangunan bendungan leuwikeris lebih awal dibangun, nantinya harus membangun tiang jembatan di bawah aliran sungai. Tentunya hal itu perlu diperhitungkan, karena menyangkut perencanaan anggaran yang nantinya akan dituangkan dalam DED,” ujarnya.

Tino menambahkan, rencana anggaran pembangunan tiang jembatan di lokasi daratan tentunya akan berbeda nominalnya dengan membangun di aliran genangan bendungan.

“Kalau kemungkinan ini tidak diperhatikan, kami khawatir rencana anggaran yang tertuang dalam DED mencatumkan pembangunan tiang di lokasi daratan. Sementara saat pelaksanaan pembangunan jembatan, bendungan leuwikeris sudah dibangun. Tentunya hal itu akan menjadi kendala, karena membangun tiang jembatan di genangan air akan terjadi pembengkakan anggaran,” katanya. (Bgj/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar